Cara Aman Toko Online dalam Pengiriman Barang

pengiriman barangDalam menjalankan sebuah bisnis toko online, terkadang para pelaku bisnis toko online sering dihantui oleh rasa ketakutan dengan adanya resiko kerusakan atau kehilangan sebuah barang saat dalam proses pengiriman barang berlangsung.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Meski saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang membantu para pelaku bisnis toko online dalam mengantarkan barang dagangan mereka ke tangan konsumen di seluruh penjuru dunia. Namun, sayangnya barang yang dikirimkan oleh para pelaku bisnis toko online terkadang sampai di tangan konsumennya dengan keadaan atau kondisi yang telah rusak atau cacat.

Bahkan, kejadian yang lebih buruk lagi juga dapat dialami oleh para pelaku bisnis toko online dimana barang yang mereka kirimkan tidak sampai ke tangan konsumen dan juga tidak kembali lagi ke alamat pengirim.

Untuk menghindari berbagai macam kasus yang dapat merugikan para pelaku bisnis toko online, berikut ini adalah cara aman toko online dalam pengiriman barang dan untuk mencegah kemungkinan kehilangan barang saat proses pengiriman barang berlangsung.

1. Memahami syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap jasa ekspedisi yang di gunakan.

Biasanya syarat serta ketentuan yang berlaku dalam pengiriman barang dicantumkan oleh setiap penyedia jasa ekspedisi dalam setiap bukti transaksi atau bukti pengiriman barang yang diberikan kepada konsumen. Maka dari itu, sebaiknya para pelaku bisnis tidak salah dalam memilih jasa ekspedisi dan selalu memperhatikan setiap poin yang dicantumkan. Teliti terlebih dahulu sebelum Anda menandatanganinya, apakah syarat serta ketentuan tersebut merugikan Anda sebagai pelaku bisnis atau tidak.

2. Memberikan perlindungan yang ekstra terhadap jenis produk yang cukup rentan mengalami kerusakan.

Produk yang membutuhkan perlindungan ekstra misalnya adalah tablet, laptop, handphone, barang pecah belah, produk kerajinan dan jenis barang lainnya yang mudah rusak. Jika kemasan produk yang akan Anda kirim dirasa belum aman maka tambahkan perlindungan ekstra. Contohnya dengan menggunakan Styrofoam, buble wrap pada saat mengemas barang. Tidak hanya itu saja, para pelaku bisnis juga bisa menggunakan fasilitas packing kayu yang saat ini telah disediakan oleh masing-masing perusahan jasa pengiriman barang (tentu saja dengan biaya tambahan).

3. Melengkapi produk toko online dengan asuransi.

Setiap Anda mengirimkan sebuah barang, petugas dari jasa pengiriman barang pasti akan menanyakan berapa nilai barang yang Anda kirimkan. Hal ini tujuannya adalah untuk memberikan asuransi pada barang yang pelaku bisnis kirimkan. Biasanya perusahaan pengiriman barang juga akan menyarankan kepada para konsumen untuk menggunakan asuransi jika produk yang dikirimkan mempunyai harga yang cukup tinggi.

Yang terpenting disini adalah para pelaku bisnis toko online harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum sebelum memilih jasa pengiriman barang mana yang paling tepat. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.si-dost.ru/images/img.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar