Cara Jitu Memasarkan Toko Online

cara memasarkan toko onlineSalah satu tugas para pemula atau pelaku bisnis di dunia maya adalah mempromosikan toko online di berbagai media. Sebab, selain pelaku bisnis mengandalkan produk yang berkualitas baik, pemilik toko online juga penting untuk dapat menerapkan cara-cara khusus agar omset penjualannya dapat meningkat dengan pesat setiap bulannya.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang dapat dijalankan oleh para pemilik website toko online untuk  membantu memperluas pemasaran online.

1. Menentukan pangsa pasar yang spesifik.

Cara memperluas pangsa pasar juga dapat membantu para penjual dalam mendongkrak pemasaran  online. Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda tetap fokus membidik satu segmen. Sehingga, meskipun para penjual memiliki satu jenis produk untuk diperdagangkan, akan tetapi Anda tetap menciptakan beragam jenis varian produk yang diciptakan khusus untuk kalangan tersebut. Sebagai contoh saja jika Anda membuat toko online jilbab dengan membidik para wanita muslimah, maka Anda dapat memberikan berbagai pilihan produk seperti contohnya saja melengkapi situs toko online tersebut dengan hijab modern dan stylish, hijab konvensional, hijab berbentuk dress dan berbagai macam jenis hijab lainnya.

2. Konsisten dalam mempromosikan brand toko online.

Pengertian konsisten disini secara sederhana adalah berusaha untuk menepati yang sudah Anda sampaikan kepada setiap konsumen. Saat sedang mengadakan program promosi, tidak jarang para pelaku bisnis menawarkan berbagai keunggulan dan kelebihan dari produknya untuk memperkuat brand produknya. Namun, penting juga untuk diingat bahwa memenuhi janji yang telah ditawarkan penjual kepada konsumen saat beriklan merupakan kewajiban utama bagi para penjual. Dri situlah loyalitas konsumen akan mulai terbangun dengan baik dan website Anda akan menjadi salah satu toko online terpercaya.

3. Memanfaatkan testimoni konsumen.

Testimoni konsumen berfungsi sebagai alat untuk membangun kepercayaan dari para konsumen, sama halnya seperti Anda menjaga konsistensi dalam mempromosikan brand produk toko online milik Anda. Kepuasan yang diperoleh para pembeli secara otomatis dapat meyakinkan calon konsumen yang lain untuk ikut membeli produk unggulan yang ada di toko online milik Anda. Konsumen akan mempercayai validitas testimoni yang ada pada website toko online Anda, sebab testimoni tersebut ada karena mereka. Dari situlah toko online Anda akan menjadi toko online terpercaya.

4. Menjaga kenyamanan konsumen.

Sebagai pelaku bisnis atau penjual di dunia maya, tentu saja Anda tidak diperbolehkan untuk mengesampingkan kenyamanan para konsumen. Untuk menjaga hal tersebut, pastikan bila situs toko online yang Anda miliki dapat membuat para konsumen merasa nyaman saat berkunjung ke toko online Anda termasuk user-friendly. Sehingga semakin mudah toko online dioperasikan dan diakses oleh konsumen, maka kemungkinan para konsumen berpaling ke toko online yang lain juga semakin kecil.

5. Menciptakan komunikasi dua arah dalam melayani calon konsumen.

Setiap pemilik toko online seharusnya bisa lebih komunikatif dalam memberikan suatu pelayanan pada calon konsumen. Salah satu cara untuk menunjukannya adalah dengan bertindak cepat dalam menanggapi permintaan calon konsumen dan bersikap responsif. Untuk itu yang penting untuk Anda ingat adalah bahwa konsumen bertanya tidak hanya lewat toko online Anda, namun juga dapat melalui situs sosial media seperti Twitter, Facebook, BlackBerry Messenger dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan beberapa cara jitu memasarkan toko online Anda, diharapkan agar kedepannya perkembangan situs toko online milik Anda dapat lebih maksimal dan setiap bulannya bisa mendatangkan tambahan penghasilan. Salam sukses!

sumber gambar : http://cepsm.ca/uploads/strat3.png

[/kelas]

Tinggalkan komentar