Cara Menentukan Nama Domain Untuk Toko Online

menentukan nama domainMemiliki nama domain sendiri merupakan suatu hak bagi setiap orang. Asalkan mereka mempunyai dana cukup untuk menyewa domain dari jasa web hosting maka sudah dipastikan bahwa nama domain tersebut akan menjadi miliknya secara paten selama nama domain itu masih aktif dan terus diperpanjang setiap tahunnya. Namun, terkadang Anda para pemula atu pelaku bisnis pasti kesulitan dalam menentukan nama domain tersebut.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Penentuan nama domain yang tepat dan sesuai dengan toko online yang Anda jalankan dapat berpengaruh dalam mengoptimasi blog atau website toko online Anda. Sebuah personal branding dapat tercermin dari nama domain yang akan Anda gunakan.

Ketika Anda telah memutuskan untuk memulai bisnis toko online, maka nama domain juga harus Anda pikirkan. Nama domain harus unik dan menarik sesuai dengan produk yang Anda jual atau sebuah merek yang Anda miliki. Tentukan nama domain yang tidak terlalu panjang dan mudah untuk diingat karena tidak sedikit dari pelaku bisnis toko online yang mengalami kegagalan karena memiliki nama domain yang sulit diingat dan disebutkan. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut terjadi pada website toko online Anda, berikut ini adalah cara menentukan nama domain untuk toko online.

1. Merek

Ketika bisnis yang Anda jalankantelah memiliki merek maka alangkah baiknya jika merek tersebut Anda jadikan sebagai nama domain. Hal itu akan menjadikan merek Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, Anda sebagai pelaku bisnis juga akan semakin mudah menemukan komunitas merek karena Anda telah memiliki wadah online untuk melakukan komunikasi tentang produk baru dari merek yang toko online Anda jual.

2. Market yang Ingin Dituju

Jika Anda sebagai pelaku bisnis toko online belum menemukan nama merek sendiri karena banyaknya nama produk yang Anda jual. Maka yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa market yang ingin Anda tuju. Apakah market tersebut seorang pria, wanita, tua, muda ataukah sebuah komunitas tertentu.

Dengan Anda menemukan sebuah komunitas yang ingin dituju, maka mudah bagi Anda untuk dapat menemukan nama domain bagi toko online. Misalnya saja target yang menjadi incaran Anda adalah komunitas motor karena produk yang Anda jual adalah segala perlengkapan motor. Maka Anda dapat memberi nama domain accessoriesmotor.com dan masih banyak lagi.

3. Penggunaan Huruf

Pakailah nama domain yang mudah untuk diingat dan maksimal 3 kata karena jika nama domain lebih dari 3 kata maka pengunjung toko online akan merasa kesulitan dalam mengingat dan mengetiknya.

4. Produk yang Dijual

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan nama domain, Anda dapat menggunakan produk atau barang yang Anda jual. Misalnya saja Anda menjual risoles, maka Anda dapat memberikan nama domain risoles.com.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Salam sukses!

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/--rWacF1bH78/UrfF8oOJEeI/AAAAAAAACYs/hovGHfwlgSE/s1600/nama-domain-dan-top-level-domain-rudiharto.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar