Cara Mengatur Keuangan Toko Online Dengan Bijak

cara mengatur keuanganSalah satu syarat penting agar sebuah bisnis toko online dapat berjalan dan berkembang adalah dengan mengatur keuangan bisnis. Meskipun bisnis yang dijalankan masih termasuk dalam bisnis berskala kecil atau dengan modal kecil, namun keuangan bisnis jangan sampai terabaikan. Jika pelaku bisnis mengabaikan masalah keuangan maka sama halnya mereka bunuh diri. Mengatur keuangan bisnis adalah hal yang sangat penting, hal itu bertujuan untuk mengetahui berapa besar keuntungan atau kerugian yang didapat dalam sebuah bisnis toko online.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Masalah sering saja terjadi, pelaku bisnis modal kecil mengalami keterbatasan dalam memahami sistem keuangan. Padahal jika pelaku bisnis toko online cepat memahami, keuangan bisnis modal kecil dapat Anda jalankan dengan cukup sederhana. Cara mengatur keuangan toko online dengan bijak dapat Anda jalankan dengan memperhatikan pengeluaran usaha. Berikut ini jenis pengeluaran usaha yang penting untuk diperhatikan para pelaku bisnis toko online

1. Pengeluaran usaha yang penting dan mendesak

Yang termasuk pengeluaran penting dan mendesak disini adalah kebutuhan primer seperti bahan baku untuk produksi atau membeli produk, tenaga kerja dan juga biaya lain yang dibutuhkan untuk mendukung operasional bisnis toko online setiap harinya. Kebutuhan ini tentu saja sangat penting karena menyangkut kehidupan bisnis toko online Anda.

2. Pengeluaran yang mendesak tetapi kurang penting

Beberapa pengeluaran yang termasuk dalam hal ini adalah tambahan modal dengan cara berhutang pada sebuah lembaga keuangan atau bank, memperbesar biaya operasional dengan mengambil kredit mobil atau motor sebagai salah satu kebutuhan untuk membantu operasional usaha. Meskipun tujuannya sangat baik, namun disaat kondisi keuangan bisnis toko online Anda belum stabil, maka untuk sementara hindari pengeluaran tersebut. Sebab resikonya cukup besar bagi pemula bisnis.

3. Pengeluaran yang penting tetapi tidak mendesak

Yang termasuk dalam pengeluaran ini adalah pembelanjaan uang untuk mengikuti program asuransi. Walaupun hal ini terbilang penting, akan tetapi kebutuhannya tidak begitu mendesak. Jadi sebaiknya para pelaku bisnis mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan yang lebih mendesak sebelum mengeluarkannya untuk program asuransi.

4. Pengeluaran yang tidak mendesak dan tidak penting

Biaya yang tidak penting dan tidak mendesak misalnya adalah menggunakan uang usaha untuk membeli rumah, kendaraan pribadi atau berwisata bersama keluarga. Meskipun pengeluaran ini tidak terlarang, namun alangkah baiknya jika biaya untuk hal tersebut dipenuhi setelah kebutuhan peting terpenuhi.

5. Pengeluaran untuk program tabungan maupun investasi

Meskipun program untuk investasi atau tabungan penting untuk dipikirkan bagi setiap pelaku bisnis, namun sebaiknya biaya ini dikeluarkan setelah 4 kebutuhan diatas terpenuhi.

Jika para pelaku bisnis toko online mengatur keuangan bisnis dengan bijak, maka tidak menutup kemungkinan bahwa roda bisnis toko online Anda dapat berputar dan keuntungan yang diperoleh juga dapat digunakan dengan maksimal. Salam sukses!

sumber gambar : http://berichnow.ru/uploads/2012/06/1333a620cdd738ddad825662d8d503ea.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar