Cara Menghadapi Persaingan Pasar di Toko Online

pemasok toko onlinePersaingan pasar bisnis toko online semakin hari kian meningkat pesat dengan melihat pergerakan grafik untuk pertumbuhan bisnis di internet yang bisa dikatakan cenderung naik. Selain itu, banyaknya kisah sukses para pelaku usaha yang dapat meraih kesuksesan dengan terjun ke dalam bisnis dunia maya juga menjadi salah satu dorongan bagi setiap orang untuk ikut mengembangkan bisnisnya di dunia maya baik itu para pemula bisnis maupun pelaku bisnis konvensional yang bergeser ke toko online.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Menghadapi persaingan pasar yang seperti itu, tentu saja para pelaku toko online tidak boleh berpangku tangan, mereka justru dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam mengembangkan bisnis toko onlinenya. Hal itu sebagai strategi dalam menghadapi persaingan bisnis toko online yang semakin ketat. Salah satu cara menghadapi persaingan pasar di Toko Online adalah dengan membuat perencanaan dalam jangka panjang yaitu dengan mulai beralih dari seorang pengecer (reseller) menjadi seorang pemasok toko online.

Untuk menghadapi persaingan pasar dengan menjadi pemasok toko online, Anda harus memperhatikan tiga hal yang menjadi patokan apakah bisnis toko online yang Anda miliki selama ini sudah mampu menjadi seorang pemasok atau belum. Tiga hal tersebut yaitu :

1. Pertumbuhan laba yang cenderung stabil

Tidak menutup kemungkinan para pelaku bisnis toko online dapat mengembangkan bisnis toko onlinenya menjadi pemasok, walaupun sebelumnya para pemula bisnis toko online mengawali bisnisnya dengan menjadi seorang pengecer atau resseler. Sebagai salah satu tanda yang dapat dijadikan patokan bahwa toko online milik Anda sudah pantas menjadi pemasok adalah dengan melihat besarnya laba yang diterima setiap bulannya dari penjualan.

Sebagai seorang pemasok Anda juga harus siap untuk menjual produk yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga jual para pengecer atau reseller. Bahkan, tidak sedikit dari para pengecer atau reseller yang menginginkan potongan harga yang cukup besar dari seorang pemasok. Oleh karena itu, sebelum bisnis toko online Anda berkembang menjadi pemasok, pastikan terlebih dahulu bahwa pertumbuhan laba bisnis toko online Anda telah cukup stabil dan jumlahnya juga cukup signifikan. Jadi, kondisi keuangan di bisnis toko online Anda akan tetap stabil walaupun Anda menjual produk dengan harga grosir.

2. Permintaan barang relatif tinggi

Hal penting kedua yang dapat Anda jadikan patokan untuk menjadi seorang pemasok adalah adanya permintaan barang untuk setiap harinya dengan jumlah yang relative cukup tinggi, sehingga tidak jarang Anda menemui kesulitan dalam memenuhi semua permintaan dari konsumen. Tingginya permintaan konsumen menjadi salah satu bukti nyata bahwa produk yang toko online Anda tawarkan diminati oleh banyak konsumen dan peluang pasarnya juga masih sangat terbuka lebar.

Agar pelayanan terhadap para pelanggan dapat berjalan secara optimal, Anda dapat membuka cabang atau bisa juga dengan merekrut beberapa reseller untuk membantu Anda dalam melayani permintaan konsumen. Dengan cara itu, maka Anda tidak akan kuwalahan dalam melayani setiap permintaan konsumen dan dapat mereferensikan reseller untuk memperoleh stok barang yang di toko online Anda sedang tidak ada atau kosong.

3. Banyak orang yang tertarik untuk menjadi reseller

Sebagai patokan ketiga untuk menjadi seorang pemasok adalah dengan cara melihat antusiasme masyarakat yang tertarik dan mau bergabung menjadi reseller di toko online Anda. Jika banyak orang yang datang kepada Anda dan berminat untuk bergabung menjadi reseller maka saat yang tepat bagi Anda untuk beralih menjadi seorang pemasok.

Sebagai langkah awal yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus bisa menggandeng reseller produk dahulu, jika langkah tersebut telah sukses dan banyak para konsumen yang melakukan pembelian, maka untuk selanjutnya Anda dapat menambahkan jumlah reseller lebih banyak lagi di daerah-daerah yang sekiranya cukup potensial.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi sebuah inspirasi bagi para pemula maupun pelaku bisnis toko online. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.recordhead.biz/publishImages/Wholesale~~element120.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar