Kesalahan Dalam Menulis Deskripsi Produk Toko Online

deskripsi produk toko onlinePeranan deskripsi produk cenderung dikesampingkan oleh para pelaku bisnis toko online dalam menjalankan bisnis onlinenya. Padahal, jika produk yang Anda tawarkan dalam toko online semakin detail dalam menjelaskan produknya maka akan semakin besar juga peluang untuk mendatangkan transaksi penjualan setiap harinya.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Selain dengan menampilkan foto produk yang menarik, deskripsi produk juga menjadi salah satu cara bagi Anda untuk meyakinkan para konsumen sehingga mereka mau melakukan transaksi. Saat konsumen memahami deskripsi produk yang pelaku bisnis tuliskan dalam toko onlinenya, maka secara tidak langsung ketertarikan dari calon konsumen akan muncul.

Untuk menghindari kesalahan dalam menulis deskripsi produk toko online. Berikut ini kami informasikan mengenai beberapa tips sukses bisnis toko online yang membahas mengenai kesalahan umum yang sering sekali dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam menuliskan deskripsi produk.

1. Terlalu menonjolkan keunggulan produk.

Banyak para pelaku bisnis toko online yang terlalu menonjolkan keunggulan dari produk yang mereka tawarkan. Padahal, informasi yang dibutuhkan oleh konsumen adalah fungsi dan kegunaan dari produk yang Anda tawarkan. Jadi janganlah memberikan deskripsi produk yang terlalu berlebih, hal itu akan membuat para konsumen meninggalkan toko online Anda karena mereka justru menjadi ragu dengan fungsi produk Anda.

2. Copy paste deskripsi produk dari produsen.

Kelahan seperti ini biasanya sering dilakukan oleh para reseller untuk melengkapi promosinya. Tentu saja hal ini sangat tidak dianjurkan dalam mempromosikan produk dagangan secara online, sebab cara tersebut dapat menyebabkan deskripsi produk yang sama dengan reseller yang berbeda. Oleh sebab itu, alangkah bainya jika Anda mendeskripsikan produk dagangan Anda dengan kalimat sendiri yang lebih menonolkan manfaat produk.

3. Deskripsi produk kurang lengkap dan jelas.

Banyak dari para pelaku bisnis toko online yang mendiskripsikan produk dagangannya dengan menggunakan istilah yang susah dimengerti oleh calon konsumen. Walaupun hal ini dapat menunjukkan profesionalitas toko online yang Anda jalankan, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang bisa mengerti istilah yang Anda gunakan. Oleh sebab itu, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang untuk menjelaskan produk dagangan Anda agar calon konsumen tertarik.

4. Deskripsi produk yang terlalu panjang lebar.

Deskripsi produk yang jelas memang dapat memudahkan para konsumen dalam memahami akan kegunaan dan manfaat suatu produk. Namun, bukan berarti deskripsi produk harus dituliskan secara panjang lebar sebab hal itu akan menyebabkan para calon konsumen malas untuk membacanya sehingga enggan melakukan transaksi pembelian.

5. Menggunakan bahasa alay atau berlebihan.

Untuk menjalin kedekatan antara penjual dan pembeli, seorang seller memang tidak diharuskan untuk menggunakan bahasa yang terlalu formal sesuai dengan EYD. Namun, bukan berarti bahasa yang digunakan oleh para pelaku bisnis toko online terlalu berlebihan atau penuh dengan singkatan tertentu karena hal ini dapat menurunkan kredibilitas toko online Anda di mata para konsumen dan calon konsumen.

Setelah Anda memahami kelima kesalahan dalam menuliskan deskripsi produk toko online tersebut, semoga kedepannya para pelaku bisnis toko online dapat mempromosikan produknya secara maksimal dan mendatangkan untung besar. Salam sukses!

sumber gambar : http://netpreneur.co.id/uploads/2014/04/product-description.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar