Kesalahan Yang Dilakukan Ketika Merintis Toko Online

KesalahanFenomena bisnis toko online memang sedang ramai diperbincangkan kalangan masyarakat luas. Bahkan bisa dikatakan trend bisnis tersebut sekarang ini tak hanya diminati para pemula di dunia usaha, namun juga banyak dilirik para pelaku usaha yang awalnya hanya menjalankan bisnisnya secara konvensional. Kondisi seperti inilah yang kemudian menjadikan bisnis toko online mulai mewabah di berbagai penjuru daerah.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Besarnya peluang pasar dan kecilnya modal usaha yang dibutuhkan, menjadikan bisnis toko online sebagai salah satu peluang bisnis di internet yang belakangan ini mulai diminati para pelaku usaha. Sebagian besar dari mereka memang banyak yang berhasil mendatangkan untung besar di dunia maya, namun tidak sedikit pula para pemula yang akhirnya gulung tikar karena belum memahami seluk-beluk toko online.

Nah, agar Anda tak termasuk golongan pemula yang akhirnya hanya gulung tikar menjalankan bisnis di dunia maya, berikut ini kami informasikan 10 kesalahan yang sering dijalankan para pemula ketika merintis toko online.

  1. Kesalahan pertama yang sering dilakukan para pemula adalah menggunakan gambar dari internet untuk mempromosikan produk-produknya. Tentu strategi ini kurang tepat, sebaiknya Anda menggunakan gambar atau foto asli agar konsumen yakin dengan kualitas produk yang ditawarkan. Bila perlu tambahkan watermark atau logo tertentu pada gambar produk yang dipublikasikan untuk menunjukan bahwa gambar tersebut merupakan produk milik toko Anda.
  2. Kesalahan yang kedua adalah tidak mencantumkan kontak person secara lengkap di halaman website. Kebanyakan pelaku bisnis online hanya mencantumkan alamat email untuk pemesanan, atau hanya menyediakan kolom pemesanan di halaman website. Padahal, tidak semua konsumen memiliki alamat email atau memiliki waktu cukup luang untuk mengisikan kolom pemesanan. Sehingga wajar adanya bila banyak konsumen yang enggan membeli di toko online Anda karena mereka kesulitan untuk berkomunikasi dengan para pemilik toko. Karena itu, cantumkan alamat lengkap Anda, nomor telpon yang bisa dihubungi, serta akun lainnya yang Anda miliki (misalnya saja akun FB, Twitter, ataupun YM) untuk memudahkan komunikasi para konsumen.
  3. Kesalahan ketiga yaitu pemaparan deskripsi produk kurang lengkap. Terkadang sebagian pelaku usaha tidak mencantumkan deskripsi produknya dengan jelas di halaman website. Sehingga banyak konsumen yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membeli produk di toko online Anda, karena belum begitu yakin dengan kelebihan dan kekurangan produk tersebut.
  4. Kesalahan keempat yaitu respon pemilik toko yang terlalu lama. Hampir setiap konsumen tentu tidak suka bila harus menunggu lama, jadi sebagai pelaku bisnis toko online Anda harus selalu siap untuk memberikan respon dengan cepat. Siapkan nomor HP, serta alamat email yang bisa dihubungi konsumen selama 24 jam nonstop, dan berikan respon balik sesegera mungkin agar konsumen tidak berpaling ke toko online yang lain.
  5. Kesalahan kelima yaitu belum melengkapi websitenya dengan petunjuk pembelian. Agar konsumen Anda tidak bingung ketika hendak melakukan pemesanan, ada baiknya bila Anda melengkapi informasi penawaran di toko online dengan urutan cara atau petunjuk pembelian.
  6. Satu RekeningKesalahan keenam yaitu menggunakan satu rekening bank untuk melayani berbagai macam transaksi pembelian. Dalam menjalankan bisnis toko online, rekening bank menjadi modal utama bagi Anda untuk memperlancar transaksi pembelian. Karena itu, untuk melayani pembelian konsumen yang beranekaragam, sebaiknya minimal Anda memiliki dua rekening bank (swasta dan pemerintah) untuk mempermudah transaksi pembayaran dari para konsumen.
  7. Kesalahan ketujuh yaitu proses pengiriman barang yang sering terlambat. Sebagian pelaku usaha tidak memberikan kepastian pada konsumennya mengenai lama pengiriman barang. Hal ini menjadi catatan penting bagi pelaku bisnis toko online, karena lambatnya pengiriman barang bisa mengurangi kepercayaan dari para konsumen.
  8. Kesalahan kedelapan yaitu mementingkan perang harga. Maraknya bisnis toko online di Indonesia, mendorong para pelakunya untuk memberikan harga semurah mungkin untuk menarik minat konsumennya. Strategi ini ternyata tidak sepenuhnya benar, karena mereka cenderung mementingkan peran harga tanpa memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan. Kesalahan seperti inilah yang harus Anda hindari dari sekarang untuk menjaga nama baik perusahaan Anda.
  9. Kesalahan kesembilan loading website yang sangat lambat. Biasanya calon pengunjung tidak menyukai situs toko online yang loadingnya sangat lambat. Untuk itu pastikan bila bisnis toko online Anda memiliki loading yang cenderung stabil, agar mereka tak meninggalkan toko Anda.
  10. Kesalahan kesepuluh yaitu lemahnya kelola usaha. Menjalankan bisnis di internet tidak hanya sebatas membangun toko online dan membiarkannya begitu saja tanpa aktivitas apapun. Anda harus aktif meng-update website Anda, dan rajin mempromosikannya melalui forum online maupun situs jejaring sosial yang cukup ternama di Indonesia.

Semoga kedepannya Anda bisa menghindari kesalahan yang dilakukan ketika merintis toko online dan bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

 

Sumber Gambar:

  1. http://www.rumahdanproperti.com/images/newsimage/Tips%20dan%20Berita%20Properti/JengaHouse.jpg
  2. http://1.bp.blogspot.com/_RYCvGbBqrz4/TS3gK7pxGLI/AAAAAAAAAAc/c1ToGo1H4q8/s1600/1095398_right_or_wrong.jpg

 

[/kelas]

Tinggalkan komentar