Keuntungan dan Kerugian Jual Beli Melalui Toko Online

jual beli melalui toko onlineSekarang ini pengguna internet di Indonesia semakin hari kian meningkat pesat sehingga berimbas pada munculnya bisnis toko online. Jual beli melalui toko online adalah salah satu cara berbelanja melalui internet yang memang sangat menyenangkan. Anda tidak harus pergi ke mall atau ke toko namun sudah dapat berbelanja.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Dengan modal internet dan komputer Anda sudah dapat membuka website toko online kemudian Anda tinggal pesan yang akan dibeli dan seterusnya melakukan transfer uang. Dalam waktu beberapa hari kemudian barang sudah ada ditangan Anda. Namun di balik semua kemudahan tersebut pasti ada kekurangannya. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian jual beli melalui toko online.

Keuntungan Jual Beli Melalui Toko Online

1. Praktis dan dapat menghemat waktu

Dengan duduk manis di depan komputer, sekarang ini Anda sudah dapat berbelanja sejumlah produk fashion, elektronik dan lain sebagainya. Anda tidak perlu pergi ke mall untuk membeli pakaian, hanya dengan membuka website toko online pakaian dan memilihnya Anda sudah dapat membelinya.

2. Pilihan produk lebih banyak

Toko online menyediakan banyak pilihan produk yang Anda butuhkan. Mulai dari barang yang terjangkau harganya hingga barang-barang mahal pun tersedia. Dengan berbelanja melalui internet Anda juga bisa mendapatkan barang terbaru yang belum dapat dijumpai di kota Anda.

3. Harga relatif lebih murah

Sebagian besar pelaku bisnis toko online biasanya menawarkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko konvensional. Karena bagi pelaku bisnis toko online tidak memerlukan biaya untuk menyewa kios yang mereka pergunakan untuk penyimpanan barang serta biaya operasional yang lain sehingga menjadikan produk toko online lebih murah disbanding yang ada di pasaran.

Kekurangan jual beli melalui toko online

1. Produk tidak dapat dicoba

Jika Anda mencari pakaian atau sepatu yang biasanya dapat mencobanya. Melalui toko online ini Anda tidak dapat mencobanya, namun biasanya pelaku bisnis toko online menyediakan pilihan ukuran, bahan atau jenis kain dan deskripsi produk lainnya.

2. Standar dari barang kurang sesuai

Dalam website toko online yang ditampilkan adalah foto atau gambar produk yang ditawarkan. Kemasan dari produk tidak dapat seratus persen kita lihat persis sama. Hal itu biasanya pengaruh dari pencahayaan.

3. Biaya pengiriman atau ongkos kirim mahal

Barang yang kita beli tentu saja tidak bisa langsung Anda ambil. Pemilik bisnis toko online masih harus memerlukan jasa pengiriman barang. Dan jasa pengiriman yang menentukan pengiriman produk misalnya saja adalah JNE, Pos Indonesia, TIKI dan lain sebagainya.

4. Resiko penipuan

Meningkatnya jual beli melalui website toko online sangat beresiko terhadap penipuan. Pastikan Anda melakukan transaksi jual beli dengan toko online terpercaya.

Informasi mengenai keuntungan dan kerugian melalui toko online tersebut semoga dapat bermanfaat bagi semua orang yang ingin melakukan pembelian melalui internet. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.siliconnews.es/wp-content/gallery/consejostiendaonline/fuente-shutterstock_autor-feng-yu_tienda.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar