Kios Yang Bisa Digunakan Untuk Jualan Online

website tempat jualan onlineSebagai seorang pedagang, pastinya Anda membutuhkan sebuah kios atau tempat untuk menjajakan dagangan Anda. Dalam hal ini, biasanya seorang pengusaha atau pedagang konvensional lebih memilih untuk menyewa ruko, counter kecil atau kios di pusat perbelanjaan yang biasanya ramai dikunjungi oleh para konsumen. Lalu bagaimana untuk pelaku bisnis toko online? Di mana tempat mereka bisa jualan online?

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Tidak kalah dengan pelaku bisnis konvensional, pelaku bisnis toko online juga bisa menggelar dagangan mereka di beberapa kios yang ada di dunia maya. Lalu, kios apa saja yang bisa digunakan sebagai lapak untuk jualan online? Berikut ini adalah kios yang bisa digunakan untuk jualan online.

1. Membuat website

Bila pelaku bisnis konvensional bisa membuat kios toko untuk menjajakan dagangannya, maka untuk pelaku bisnis online bisa membuat website sebagai lapak untuk jualan online. Domain atau alamat website dapat disesuaikan dengan toko online yang Anda miliki. Seperti toko offline yang bisa digunakan untuk mendisplay produk, website toko online juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan barang dagangan yang mereka pasarkan. Untuk menarik minat dari para konsumen, Anda dapat menambahkannya dengan foto dan juga deskripsi produk.

2. Memulai dengan weblog

Bagi para pemula bisnis yang memiliki modal kecil, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengandalkan webblog gratis seperti wordpress maupun blogspot untuk menggelar barang dagangan Anda. Meskipun kios online ini hanya gratisan, namun dengan format blog Anda sudah dapat mengatur foto-foto produk atau desain produk dengan cukup baik sehingga dapat menarik minat konsumen. Yang terpenting dalam hal ini adalah pilih tema yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, kemudian bisdik keyword yang banyak dicari oleh para konsumen untuk bisa mengoptimalkan promosi webblog toko online milik Anda.

3. Memanfaat kan pertumbuhan e-marketplace

Meskipun sampai dengan saat ini perkembangan e-commerce di Indonesia masih belum optimal, namun belakangan ini pertumbuhan kios online yang digunakan sebagai marketplace sudah mulai mengalami peningkatan. Secara umum, e-commerce adalah sebuah situs di dunia maya yang mempertemukan dua belah pihak antara penjual dan pembeli. Sedangkan menurut Wikipedia, e-commerce adalah pasar elektronik di mana sebuah perusahaan harus mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli yang kemudian berkomunikasi dan melakukan bisnis melalui internet.

4. Aktif melakukan promosi di forum online

Salah satu contoh kios online yang paling banyak digunakan oleh para netpreneur yaitu forum jual beli online. Biasanya, forum ini disediakan situs-situs yang berbasis komunitas ataupun masyarakat. Dari forum tersebut para calon konsumen dapat menemukan barang yang sedang mereka cari dan untuk pelaku bisnis dapat menjual apa yang sebaiknya mereka jual. Untuk membuat postingan dan mengakses di sebuah forum online, para netpreneur diharuskan untuk sign up atau mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi member di situs online tersebut. Dalam hal ini forum online akan memberikan fasilitas untuk para membernya dan menawarkan sebuah paket khusus (premium) untuk para pelaku bisnis yang ingin mengoptimalkan pemasaran barang dagangannya.

5. Gunakan sosial media

Kios online yang cukup efektif sebagai tempat untuk membuka lapak dagang adalah media online. Karena media online cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Berbagai media sosial yang cukup terkenal di kalangan masyarakat misalnya adalah Facebook, Twitter, BlackBerry Messenger, Google plus, Instagram, Youtube, Pinterest dan masih banyak lagi.

Melalui kios online tersebut, pelaku bisnis toko online dapat melakukan jualan online, mempromosikan produk dengan cukup mudah dan biaya yang dikeluarkan pun juga cukup murah. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Salam sukses!

sumber gambar : http://taxcoach.gr/uploads/2014/06/08062014.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar