Kunci Sukses Jual Beli Dengan Toko Online

kunci sukses jual beliSekarang ini jaringan internet sudah mulai familiar di lingkungan masyarakat Indonesia. Transaksi jual beli online dengan toko online telah menjadi salah satu gaya hidup baru yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan toko online. Tidak berbeda jauh dengan jual beli melalui toko konvensional. Toko online juga memberikan beberapa penawaran dan kemudahan bagi para calon konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Perubahan transaksi jual beli dari toko konvensional menjadi toko online tentu saja secara tidak langsung menuntut para pemula maupun pelaku bisnis untuk mulai menyesuaikan diri dengan beralih ke toko online demi mempertahankan bisnisnya ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Untuk itu, bagi Anda para pelaku bisnis yang masih bingung untuk beralih ke toko online. Berikut ini adalah kunci sukses jual beli online dengan toko online untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Memperhatikan masalah pengiriman barang

Untuk masalah pengiriman barang, sebaiknya para pelaku usaha menggunakan jasa pengiriman barang yang telah terpercaya. Cara melihat jasa pengiriman barang yang dapat dipercaya adalah dengan memperhatikan hal sebagai berikut :

  • Sudah berapa lama perusahaan jasa pengiriman barang berdiri
  • Kuat atau tidaknya sistem pengiriman
  • Luasnya jaringan yang dimiliki oleh perusahaan jasa pengiriman
  • Ada tidaknya tanda bukti pengiriman (sistem resi)
  • Ada atau tidaknya sistem garansi atau asuransi jika terjadi suatu kesalahan pada jasa pengiriman.

Untuk menentukan suatu perusahaan jasa pengiriman barang dapat dipercaya adalah dengan mencoba jasa pengiriman barang tersebut, hal itu untuk menemukan jasa pengiriman barang yang paling tepat dan kemudian dapat Anda andalkan untuk bisnis Anda.

Dengan adanya tanda bukti pengiriman barang atau resi juga sangat penting. Karena tanda bukti tersebut dapat digunakan untuk melakukan sebuah pelacakan barang (tracking) kiriman sudah sampai di mana. Sistem ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah komplain apabila terjadi masalah bahwa barang Anda belum sampai di tempat tujuan.

Selain itu, bukti pengiriman atau resi juga dapat bermanfaat jika terjadi pengiriman barang dari supplier namun Anda belum juga menerimanya. Maka, Anda bisa menggunakan nomor resi untuk melacak posisi barang tersebut ada di mana.

2. Memilih supplier untuk toko online yang tepat

Untuk memilih supplier yang tepat, tentu saja Anda juga harus mencoba melakukan transaksi jual beli online dari berbagi supplier. Hal itu untuk menemukan supplier yang tepat untuk toko online Anda, karena banyak juga supplier toko online yang tidak menerapkan customer service secara benar dan tepat.

Supplier yang sulit untuk dihubungi juga dapat menjadi salah satu faktor yang menandakan bahwa supplier tersebut seterusnya akan sulit untuk dihubungi. Jika menemukan supplier yang seperti itu sebaiknya Anda pending atau blacklist.

Jika Anda ingin melakukan pembelian untuk yang pertama kali pada supplier toko online yang baru, sebaiknya Anda membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya kerugian yang besar jika barang yang Anda pesan tidak sampai.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mencari toko dari supplier secara offline, hal itu tujuannya agar Anda dapat bertemu secara langsung dengan pemilik perusahaan dan juga untuk meningkatkan kepercayaan serta kerjasama antara Anda dengan supplier. Salah satu kunci sukses jual beli dengan toko online adalah menemukan partner bisnis yang tepat dan terpercaya.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam membangun atau mengembangkan bisnis toko online. Salam sukses!

sumber gambar : http://m.romanialibera.ro/usr/thumbs/thumb_600_x_0/2010/09/14/143094-handshake.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar