Kunci Sukses Mengembalikan Kepercayaan Konsumen Toko Online

mengembalikan kepercayaan konsumenTidak ada sesuatu yang sempurna dalam hidup ini, begitu juga dengan bisnis toko online. Setiap bisnis pasti ada kekurangan dan juga kelebihannya. Namun, semua itu bukanlah alasan bagi kita sebagai pelaku bisnis toko online untuk berdiam diri tanpa melakukan suatu hal yang bertujuan memperbaiki kualitas bisnis yang kita jalankan dan miliki.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Tentu bukan hal mudah bagi kita untuk dapat mempertahankan kualitas bisnis toko online yang kita jalankan dan miliki. Apalagi jika kita sering mendapatkan komplain dari konsumen yang belum mendapatkan pelayanan sesuai dengan keinginan mereka. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika pada akhirnya konsumen kurang percaya dengan kualitas produk dan toko online milik kita.

Untuk menghadapi kondisi yang seperti itu, penting bagi pelaku bisnis toko online untuk memperhatikan kunci sukses mengembalikan kepercayaan konsumen toko online agar konsumen tidak segan-segan untuk kembali ke toko online Anda dan melakukan transaksi pembelian.

1. Minta maaf kepada konsumen

Kesalahpahaman, kekurang hati-hatian dan juga kekeliruan adalah hal biasa dalam menjalankan bisnis terutama bisnis toko online. Adanya komplain dari para konsumen sudah menjadi hal yang biasa bila mereka tidak mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Menghadapi kondisi seperti itu, minta maaf dan berusaha memperbaikinya adalah kunci utama bagi para pelaku bisnis toko online ketika menghadapi komplain dari para konsumen. Cara itu adalah solusi tepat untuk mengembalikan kepercayaan konsumen.

2. Menjadi pendengar yang baik

Menjalin komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dan konsumen dapat menghasilkan suasana yang baik pula. Jika kita mendapatkan komplain dari para konsumen maka jadilah pendengar yang baik atas semua keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Cara ini selain dapat meredam kemarahan konsumen juga dapat mendidik kita agar lebih berhati-hati dalam melayani konsumen. Oleh sebab itu, ajaklah konsumen untuk mencari win-win solution agar dari kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan dalam hal ini.

3. Lengkapi website toko online dengan informasi lengkap

Dalam dunia pemasaran toko online, penting bagi pelaku bisnis untuk melengkapi website toko online dengan informasi lengkap yang sering ditanyakan oleh pembeli atau konsumen. Misalnya saja informasi yang jelas dan lengkap mengenai produk yang dijual. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman antara pelaku bisnis dengan konsumen. Selain itu, pelaku bisnis toko online juga dapat mencantumkan FAQ (Frequently Answer Question) yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen kepada pelaku bisnis. Dengan begitu akan tercipta komunikasi yang efektif dan Anda dapat mengembalikan kepercayaan konsumen yang pernah hilang.

4. Tetap percaya diri

Janganlah pernah menjadikan komplain dari konsumen sebagai hal yang merusak rasa percaya diri. Sebab, bisa jadi dari komplain tersebut adalah awal dari kepercayaan konsumen terhadap website toko online Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika komplain dari para konsumen yang kita tanggapi dengan baik dapat membuat konsumen menjadi loyal terhadap toko online milik Anda. Jadi, Anda sebagai pelaku bisnis toko online tidak perlu khawatir jika mendapatkan komplain dari para konsumen. Justru akan sangat berpengaruh buruk bagi bisnis jika Anda tidak bertindak dan mencoba untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas Anda dalam melayani para konsumen.

Demikianlah kunci sukses mengembalikan kepercayaan konsumen toko online. Tetaplah berpikir positif dan jadikanlah konsumen sebagai teman. Terus lakukan perbaikan dan pertahanan terhadap kualitas bisnis toko online Anda. Salam sukses!

sumber gambar : http://webdesigningguide.com/uploads/2011/09/G-1+.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar