Memilih Nama Domain untuk Bisnis Toko Online

memilih nama domain
memilih nama domain

Ketika memutuskan untuk terjun di bisnis toko online, keberadaan nama domain tentunya menjadi salah satu modal utama yang perlu Anda perhatikan. Bahkan bagi pentingnya keberadaan sebuah domain, sebagian pelaku bisnis toko online menganggap nama domain sebagai merek atau brand bisnis yang mereka usung. Sehingga wajar adanya bila pemilihan nama domain yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis toko online.

Selain dijadikan sebagai merek atau brand bisnis toko online, nama domain juga sering dijadikan sebagai alamat toko online yang dituju para pengguna internet. Dengan mengetikan sebuah  nama domain pada address bar, para konsumen dapat menemukan home atau halaman website toko online yang mereka cari.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Melihat pentingnya pengaruh nama domain pada perkembangan bisnis toko online, pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca mengenai tips memilih nama domain untuk bisnis toko online.

  • Pilih nama domain yang mudah diingat. Dengan memilih nama domain yang mudah diingat, maka secara tidak langsung Anda telah memudahkan calon konsumen untuk menemukan alamat website toko online Anda.
  • Pilih nama domain yang sesuai dengan topik bisnis Anda. Dalam memilih nama domain, sebaiknya sesuaikan nama domain dengan topik bisnis yang Anda jalankan. Contohnya saja bila Anda fokus menekuni bisnis bumbu instan, maka tidak ada salahnya bila Anda menggunakan nama domain bumbuinstansehat.com sebagai alamat website toko online Anda.
  • Pilih nama domain dengan keyword yang banyak dicari. Usahakan bila Anda memilih nama domain yang keyword atau kata kuncinya banyak dicari pengguna internet. Dengan begitu, website atau blog toko online Anda bisa memiliki pagerank yang cukup tinggi dalam mesin pencari (Google).
  • Hindari nama domain yang terlalu panjang. Meskipun Anda memiliki 67 karakter untuk membuat nama domain Anda, namun hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang. Bila perlu gunakan nama domain dengan satu kata saja namun cukup bermakna, karena nama domain satu kata lebih mudah diingat oleh para konsumen.
  • domain
    domain

    Hindari penggunaan tanda penghubung kata maupun angka. Pemakaian tanda penghubung maupun angka pada nama domain hanya akan mempersulit para konsumen saat mengingat alamat website toko online Anda. Tidak hanya itu saja, tanda penghubung kata dan angka juga akan memperbesar resiko salah ketik saat mencari alamat website ataupun blog kita. Jadi, sebisa mungkin hindari tanda penghubung maupun angka ketika memilih nama domain.

  • Pilih akhiran nama domain dengan com. Ada beberapa akhiran nama domain yang biasa digunakan, misalnya saja com, net, org. Namun dalam menjalankan bisnis toko online usahakan untuk memilih akhiran com terlebih dahulu, karena domain tersebut lebih mudah diingat dan lebih dikenal pengguna internet.

Semoga dengan mempertimbangkan poin-poin tersebut, para pelaku bisnis toko online bisa mengoptimalkan bisnisnya di dunia maya dan mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus bisnis online Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://membuatwebs.com/_image/memilih-nama-domain.jpg
2. http://www.maniakhost.com/uploads/2012/09/domain.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar