Memulai Bisnis Sampingan Melalui Toko Online

memulai bisnis sampingan

Memulai bisnis sampingan melalui toko online saat ini telah menjadi alternatif yang cukup bagus dan efektif untuk mendapatkan tambahan penghasilan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tidak heran jika mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga bahkan karyawan banyak yang tertarik untuk menekuni bisnis sampingan melalui toko online.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Dari begitu banyaknya peluang bisnis sampingan yang dapat kita jalankan, toko online adalah salah satu ide bisnis yang saat ini telah banyak diminati oleh masyarakat. Waktu operasionalnya yang 24 jam dan jangkauan pasarnya yang sangat luas membuat sebagian besar dari masyarakat memilih toko online sebagai peluang bisnis sampingan yang menjanjikan dan tidak sulit untuk dijalankan.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis sampingan melalui toko online, maka berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda jalankan untuk memulai bisnis sampingan dengan toko online.

1. Mulailah dari hobi yang Anda miliki.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menjalankan sebuah bisnis adalah memilih jenis usaha apa yang benar-benar Anda sukai dan cocok untuk Anda. Dengan begitu, Anda telah mempunyai sedikit modal ilmu atau sebuah gambaran untuk menjalankan toko online sebagai bisnis sampingan. Contohnya saja jika Anda hobi dengan sepakbola, maka tidak ada salahnya jika Anda membuka toko online yang menawarkan berbagai jenis barang yang berhubungan dengan sepakbola seperti kaos bola, sepatu bola, pernak-pernik bola dan lain sebagainya.

2. Dukung usaha dengan ilmu dan pengalaman di bisnis toko online.

Setelah Anda menemukan bisnis sampingan apa yang akan Anda jalankan, tahap berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memperluas wawasan mengenai bisnis toko online. Untuk mengembangkan usaha ini, Anda harus tahu strategi-strategi yang paling jitu untuk mempromosikan bisnis sampingan Anda agar mendatangkan banyak pembeli. Strategi tersebut dapat Anda peroleh dan pelajari melalui majalah, internet, buku maupun mengikuti program pelatihan dari ahli bisnis toko online.

3. Jangan sungkan untuk mempromosikan produk Anda.

Tidak jauh berbeda dengan menjalankan bisnis offline, dalam menjalankan bisnis toko online ini Anda juga harus rajin-rajin untuk mempromosikan produk yang Anda tawarkan ke website toko online yang Anda miliki. Sebagai permulaan, Anda dapat meng-upload foto maupun video dan melengkapinya dengan artikel deskripsi, sehingga akan banyak konsumen yang percaya dengan penawaran yang Anda sampaikan dan tertarik untuk melakukan transaksi pembelian.

4. Aktif di forum online.

Walaupun keseharian Anda memiliki rutinitas yang lumayan padat seperti seorang mahasiswa atau karyawan, namun luangkan sedikit waktu Anda 3-4 jam dalam sehari untuk bersosialisasi di forum online. Cara ini penting untuk Anda tempuh demi memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki, berbagi pengalaman seputar bisnis sampingan yang Anda tekuni sekaligus memperkenalkan keberadaan toko online Anda kepada masyarakat luas.

5. Memperbaharui toko online secara rutin.

Keberhasilan dalam membuka toko online tentu saja bukan sebuah akhir dari perjalanan bisnis Anda. Selanjutnya Anda juga perlu untuk terus meng-update toko online yang Anda jalankan agar memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas terutama para konsumen Anda. Lakukan update secara berkala untuk menunjukan eksistensi toko online Anda. Misalnya saja dengan menambahkan foto produk dan deskripsi produk, merevisi harga barang dan lain sebagainya.

Tidak sulit bukan? Semoga informasi mengenai cara memulai bisnis sampingan melalui toko online ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi bagi para pemula maupun pelaku usaha yang ingin terjun di dunia bisnis toko online. Salam sukses!

sumber gambar : http://cdn.bisnisukm.com/2013/09/bisnis-toko-online.png

[/kelas]

Tinggalkan komentar