Memulai Bisnis Toko Online Dengan Prinsip 5W + 1H

prinsip memulai bisnisMemutuskan untuk memulai bisnis toko online tidak hanya sekedar memikirkan produk apa yang akan Anda jual di dunia maya. Namun, Anda perlu memikirkan banyak perencanaan agar bisnis apapun yang akan Anda rintis dapat berjalan dengan mudah. Tidak jauh berbeda dengan pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Dalam menjalankan bisnis toko online pun Anda harus memperhatikan prinsip 5W + 1H. Lalu apa saja yang dimaksud dengan prinsip 5W + 1 H dalam bisnis toko online?

[kelas id=”607″ type=”premium”]

1. Apa jenis usaha Anda.

W pertama adalah what atau apa. Sebelum Anda berfikir mengenai bisnis online seperti apa yang akan Anda jalankan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis bisnis online apa yang akan Anda tekuni. Produk apa saja yang akan Anda jual dan lain sebagainya. Memulai bisnis toko online memang terlihat mudah jika dilihat dari segi perencanaan, modal sampai ke penjualan. Namun, mudah disini bukan berarti Anda bisa menyepelekan bisnis yang akan Anda jalankan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada yang perlu Anda ketahui. Apakah bisnis tersebut Anda jalani berawal dari sebuah kegemaran atau hanya karena ingin mempunyai pendapatan yang lebih besar dari saat ini. Ini sangat mempengaruhi kinerja Anda dalam mengelola dan membangun bisnis toko online Anda.

2. Siapa target yang akan Anda bidik.

W yang kedua adalah Who atau siapa. Siapa target penjualan yang akan Anda bidik sehingga memiliki peluang besar untuk menjadi pelanggan bagi bisnis toko online yang akan Anda jalankan. Jika Anda telah memiliki target pasar, maka Anda akan lebih mudah dalam memasarkan produk dan mencapai target sesuai dengan keinginan dan harapan.

Namun, jika Anda belum menemukannya dan masih bingung, usahakan untuk segera menemukannya sebelum memulai bisnis toko online. Hal ini akan Anda saat ingin memasang iklan melalui sosial media atau yang lainnya. Pastikan bahwa target pasar Anda jelas dan spesifik agar bisa mencapai keuntungan yang besar dari penjualan produk.

3. Dimana Anda akan berjualan.

W yang ketiga disini adalah Where atau dimana. Setelah menjari siapa yang akan menjadi target pasar Anda, selanjutnya adalah mencari tempat untuk berjualan. Untuk berjualan secara online, ada banyak pilihan lapak yang bisa Anda pilih. Bisa menggunakan sosial media, marketplace maupun website toko online agar terlihat lebih profesional. Jika Anda menggunakan website toko online maka lapak Anda akan terlihat professional dan dalam setiap proses pengaturannya juga mudah.

4. Kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

W yang ke empat adalah When atau kapan. Ini lebih terkait dengan target dan jenis produk apa yang akan Anda jual. Banyak orang yang mengatakan, jika ingin memulai bisnis segeralah untuk menjalankannya jangan hanya berencana. Namun, tidak hanya itu saja. Pelaku bisnis juga harus memastikan jenis produk apa yang sedang ramai dipasaran. Misalnya saja di era digital seperti saat ini, produk yang cocok untuk dijual melalui toko online adalah segala perlengkapan gadget atau barang-barang elektronik. Oleh sebab itu, sebelum Anda mulai memutuskan untuk membuka bisnis toko online, pastikan terlebih dahulu target pasar, produk yang akan dijual sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

5. Kenapa harus toko online?

W yang terakhir adalah Why atau kenapa? Tidak sedikit dari masyarakat yang bertanya-tanya kenapa harus membuka toko online disaat toko offline juga masih lari? Hal ini berkaitan dengan kepercayaan para peminat atau pelaku dalam menjalankan bisnis. Ada sebagian dari mereka yang kukuh dalam pendiriannya untuk menjalankan bisnis offline, namun tidak sedikit pula dari mereka yang mulai merambah ke dunia bisnis toko online setelah melihat perkembangan serta kebutuhan pasar yang dapat terpenuhi melalui toko online. Era digital seperti sekarang ini memang menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang beralih ke toko online ketimbang bisnis offline. Selain target pasar yang dicapai bisa seluas-luasnya, bisnis toko online juga mudah dan hanya membutuhkan modal kecil.

6. Bagaimana Anda harus memulai bisnis toko online.

Prinsip terakhir adalah How atau bagaimana. Semua perencanaan sebelum memulai bisnis sudah tersusun rapi pada selembar kertas maupun dalam memori Anda. Yang perlu Anda ingat selalu adalah bagaimana Anda harus memulai bisnis toko online? Diawali dari sebuah perencanaan, pengerjaan, kemudian apa lagi? Semua itu berkaitan erat dengan action. Niat serta sebuah perencanaan tanpa didukung dengan action tidak akan berarti apa-apa. Buatlah sebuah action plan untuk memudahkan Anda sebagai pemula atau pelaku bisnis dalam merealisasikan rencana bisnis.

Tips memulai bisnis toko online dengan prinsip 5W + 1H diatas semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin terjun ke dunia isnis toko online. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.tutor2u.net/blog/images/uploads/Market_research_questions.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar