Menggunakan Pinterest Untuk Menaikkan Penjualan Toko Online

pinterestPinterest merupakan website sosial media yang memiliki konsep yang unik dengan sharing media gambar atau foto berupa pinboard. Keunikan dari pinterest terletak pada visual dari pin yang dapat menarik perhatian banyak orang untuk melihat pin tersebut. Anda harus membuat pinboard terlebih dahulu mengenai tema apa yang akaan pinning di pinterest. Pin dapat di upload atau bisa juga berasal dari link blog atau website yang Anda miliki, tergantung pada gambar mana yang akan Anda tambahkan. Pinterest akan menampilkan serta membagikan gambar pada pinners yang lain yang sesuai dengan kesamaan pinboard.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Sosial media pinterest berbeda dengan sosial media lain seperti facebook, twitter, google plus dan lain sebagainya yang mengukur pengaruh Anda di jejaring sosial. Sekarang ini belum banyak seller yang menggunakan pinterest untuk menjalankan bisnis toko online. Alasannya, para pelaku bisnis belum paham akan manfaat dan cara penggunaan pinterest bagi bisnis toko online. Padahal sama seperti sosial media lain, pinterest juga bisa meningkatkan angka penjualan produk. Berikut ini adalah cara menggunakan pinterest untuk menaikkan penjualan toko online.

1. Board Rekomendasi

Dalam toko offline, biasanya konsumen sering ditawarkan produk-produk terpopuler dan terbaru yang direkomendasikan oleh seller karena banyak konsumen yang suka maka produk tersebut menjadi best-seller. Tidak jauh berbeda dengan toko offline, melalui toko online Anda juga dapat membuat board yang berisi tentang gambar-gambar produk best-seller yang ada di toko online Anda. Kumpulan produk best-seller tersebut dapat memudahkan para konsumen atau pelanggan untuk menentukan produk apa yang akan mereka beli.

2. Board Testimonial Buyer

Cara yang paling efektif dilakukan oleh para pelaku bisnis toko online untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk yang Anda tawarkan adalah dengan mencantumkan testimoni positif dari pembeli sebelumnya. Kumpulkan testimoni-testimoni dari para konsumen dalam satu board. Caranya dengan menuliskan testimonial konsumen terhadap sebuah produk pada foto produk yang mereka komentari tersebut. Kemudian, kumpulkan foto produk dengan testimoninya dalam satu board.

3. Board Tips dan Tutorial

Dibandingkan dengan tulisan, gambar visual akan lebih mudah menjelaskan rangkaian sebuah kegiatan. Tampilkanlah gambar sebuah tips atau tutorial yang terkait dengan produk yang Anda jual. Sebagai contohnya saja, jika Anda mempunyai bisnis toko online jual beli tablet dan gadget maka Anda dapat menampilkan foto atau gambar yang berisi mengenai tips membeli gadget second atau bekas. Tampilkan gambar secara step-by-step pada saat memeriksa komponen-komponen penting pada gadget second sebelum mereka membelinya.  Selain itu, Anda sebagai pelaku bisnis toko online juga dapat menampilkan bagaimana cara menggunakan salah satu produk gadget yang Anda tawarkan. Lalu, kumpulkan gambar-gambar tips tersebut dalam satu board pinterest. Board yang dapat menambah pengetahuan konsumen dan sangat bermanfaat ini akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian di toko online milik Anda.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

sumber gambar : http://www.besttipsforblogging.com/uploads/2012/12/Pinterest-to-increase-your-selling-in-eBay-business-1024x689.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar