Pertimbangan Konsumen Dalam Membeli Produk Baru Toko Online

pertimbangan konsumen toko onlinePerkembangan teknologi yang semakin hari kian meningkat sangat berpengaruh terhadap sistem perdagangan dan transaksi di dunia, salah satunya adalah dalam bidang pemasaran. Sistem pemasaran saat ini banyak dilakukan dengan menggunakan internet, misalnya melalui toko online. Toko online adalah salah satu bisnis online yang menyediakan barang ataupun jasa bagi konsumennya melalui internet.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Dalam menjalankan bisnis toko online ini banyak faktor yang harus dipertimbangkan bagi para konsumen sebelum melakukan transaksi pembelian. Faktor tersebut diantaranya yaitu harga, kenyamanan, kepercayaan dan lain sebagainya. Selain itu, pelaku bisnis toko online juga harus melakukan promosi atau pemasaran agar konsumen bisa mengenal barang yang Anda tawarkan. Jika konsumen tidak mengenal produknya, maka kemungkinan besar mereka tidak akan membelinya. Berikut ini adalah pertimbangan konsumen dalam membeli produk baru toko online.

1. Tahapan awareness (pengetahuan)

Pada tahapan ini para calon konsumen mulai menaruh perhatian terhadap produk yang Anda tawarkan melalui toko online, namun mereka belum baru mendapatkan sedikit informasi mengenai produk yang Anda pasarkan dan belum mengenalnya. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis harus menyebarluaskan informasi tentang produk yang mereka tawarkan kepada calon konsumen. Sehingga para calon konsumen dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai produk Anda.

2. Tahapan interest (minat)

Tahap yang kedua ini adalah tahapan dimana konsumen biasanya mulai tertarik dan mencari informasi lebih lengkap mengenai produk yang pelaku bisnis tawarkan. Oleh karena itu, pelaku bisnis toko online harus mempersiapkan marketing tools sekreatif mungkin. Tujuannya agar konsumen yang awalnya hanya tertarik menjadi terdorong untuk melakukan transaksi pembelian. Contohnya dengan membuat katalog produk dan lain sebagainya.

3. Tahapan evaluation (penilaian)

Setelah memperoleh informasi lengkap mengenai produk yang toko online pasarkan, tahapan berikutnya yang konsumen lakukan adalah mulai mempertimbangkan apakah akan membeli produk yang pelaku bisnis tawarkan atau tidak. Biasanya untuk mempertimbangkan hal tersebut, konsumen harus melakukan ujicoba terhadap produk tersebut. Sehingga sangat disarankan bagi para pelaku bisnis untuk memberikan sampel produk agar para calon konsumen memberikan hasil evaluasi yang sangat memuaskan.

4. Tahapan adoption (pemakaian)

Jika dalam tahapan evaluation calon konsumen mendapatkan hasil yang sangat memuaskan maka tidak menutup kemungkinan jika akhirnya calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang Anda pasarkan melalui toko online. Tentu saja tidak mudah mengantarkan calon konsumen sampai pada tahapan ini. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan yang memuaskan agar produk Anda bisa laris dipasaran.

Itulah empat tahap sebagai pertimbangan konsumen sebelum membeli produk melalui toko online. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pemula dan pelaku bisnis toko online dalam menjalankan bisnisnya. Salam sukses!

sumber gambar : http://ocdn.eu/images/pulscms/ODY7MDYsMWUwLDE2OA__/d901beb5d8b2307645a23f1b027865c7.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar