Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Sampingan Toko Online

strategi pemasaranToko online sekarang ini mulai banyak bermunculan seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Hal ini tentu saja tidak diacuhkan begitu saja oleh masyarakat luas. Justru banyak dari mereka yang memanfaatkan peningkatan pengguna internet ini untuk membuat toko online atau  mengembangkan bisnis toko online yang telah mereka bangun. Bisnis toko online merupakan bisnis sampingan yang sangat menjanjikan sehingga banyak orang tertarik menjalankan bisnis ini.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Kemajuan teknologi memang sangat bermanfaat bagi para pemula maupun pelaku bisnis toko online sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis online. Strategi pemasaran melalui internet adalah salah satu strategi yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar, sehingga produk toko online dapat dikenal oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia tanpa harus pelaku bisnis terjun langsung ke daerah tersebut. Hanya saja para pemula atau pelaku bisnis toko online harus melakukan optimasi yang tepat dan benar agar bisnis toko online sebagai bisnis sampingan yang mereka jalankan dapat dengan mudah ditemukan dan dikenal oleh banyak orang.

Berikut ini adalah strategi pemasaran toko online sebagai bisnis sampingan yang dapat di pergunakan sebagai senjata ampuh dalam menjalankan bisnis toko online.

1. Strategi pemasaran melalui website atau blog

Dengan mempunyai website toko online atau blog maka akan membuat bisnis toko online seakan-akan buka 24 jam. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dari website toko online adalah mampu menjelaskan dengan jelas mengenai produk yang ditawarkan. Selain itu, para pelaku bisnis toko online juga harus meng-upload foto yang memiliki kualitas bagus sehingga para calon konsumen tertarik dan memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian. Berikan juga konten atau deskripsi produk yang bermanfaat agar para pengunjung tidak enggan untuk kembali melihat website toko online Anda.

2. Strategi pemasaran dengan optimasi website toko online

Sebagian besar para pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Yahoo, Google, Bing dan lain sebagainya sesuai dengan kata kunci yang mereka inginkan. Hal inilah yang perlu untuk diperhatikan dan manfaatkan, dimana Anda harus berusaha agar website toko online Anda bisa tampil di halaman depan atau posisi terbaik di search engine sehingga potensi pembelian akan lebih besar. Anda dapat membaca beberapa artikel atau buku yang khusus membahas SEO untuk toko online.

3. Memanfaatkan jejaring sosial

Sosial media atau jejaring sosial adalah alat yang sangat bagus dan efektif untuk mempromosikan produk dari bisnis toko online. Karena, saat ini sebagian besar dari pengguna internet telah mempunyai akun di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sehingga banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan situs jejaring sosial untuk melakukan promosi produk.

4. E-mail marketing

Selain menggunakan website toko online dan jejaring sosial, pelaku bisnis juga dapat memanfaatkan email sebagai media untuk melakukan promosi. Cara memberitahukan produk terbaru dari toko online kepada calon pembeli melalui e-mail akan terasa lebih tertarget. Sehingga promosi produk Anda akan semakin mudah dan tentunya dengan biaya murah.

5. Komunitas atau forum

Pelaku bisnis toko online dapat memanfaatkan grup BBM (Blackberry Messenger) untuk memasang foto produk dan tentu saja dengan memberikan sedikit deskripsi produk sehingga informasi tentang barang dagangan Anda akan cepat menyebar dan dpat meningkatkan penjualan toko online.

6. Promosi melalui iklan gratis

Di internet sudah banyak layanan iklan gratis sehingga pelaku bisnis tidak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak untuk mempromosikan barang dagangannya. Caranya, pelaku bisnis cukup melakukan registrasi ke situs iklan kemudian membuat iklan produk ke situs tersebut.

Itulah beberapa strategi pemasaran sederhana untuk bisnis sampingan toko online yang dapat Anda optimalkan untuk mendatangkan keuntungan  yang lebih besar.  Semoga dapat bermanfaat bagi bisnis toko online Anda. Salam sukses!

sumber gambar : http://keripik-mak-irit.com/uploads/2014/01/marketing-strategy.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar