Tips Membuat Foto Produk Untuk Toko Online

tips membuat foto produk

Jual Beli online adalah system jual beli dimana kita tidak dapat memegang langsung produk yang ditawarkan oleh para pedagang. Oleh sebab itu, foto produk yang bagus menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan kualitas dari barang yang dijual belikan. Hal itu dijadikan sebagai salah satu ukuran bagi calon konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan. Jadi, wajar saja apabila setiap pemilik toko online berusaha membuat foto produk yang berkualitas untuk menarik para calon pembeli.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas, pemilik toko online tidak perlu menggunakan tenaga ahli di bidang fotografi, tetapi hanya membutuhkan kejelian dan persiapan yang benar-benar matang untuk memperoleh foto produk yang berkualitas dan tidak kalah dengan hasil jepretan para fotografer professional.

Oleh karena itu, bagi Anda para pemula yang ingin memulai bisnis online dan belum mempersiapkan foto produk, berikut ini beberapa informasi mengenai tips membuat foto produk untuk toko online agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas.

Mendapat pencahayaan cukup

Untuk memperoleh hasil jepretan foto yang bagus, sebaiknya Anda sebagai seorang pemula tidak diwajibkan menggunakan kamera profesional seperti contohnya DSLR. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memakai kamera ponsel dengan syarat memperoleh pencahayaan yang cukup. Hal ini sangat penting mengingat kamera ponsel ukuran pikselnya masih sangat terbatas.  Untuk itu, pastikan ruang yang digunakan untuk tempat pemotretan mendapatkan intensitas cahaya yang cukup memadai. Salah satu caranya dengan mengambil foto pada waktu siang hari di tempat outdoor atau di tempat indoor namun usahakan berdekatan dengan jendela maupun sumber cahaya lainnya

Siasati dengan media pemantul

Selain memilih tempat dengan pencahayaan yang cukup, meletakkan media pemantul pada setiap sisi produk yang difoto juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memperoleh efek cahaya yang sesuai. Dalam proses pemotretan foto produk, Anda juga dapat menggunakan kertas karton putih sebagai media pemantul agar pencahayaannya cukup. Selain untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup, media pemantul yang berwarna putih juga bermanfaat untuk menjadikan latar belakang produk menjadi putih bersih dan rapi.

Hindari teknik zooming

Ketika sedang mengambil foto menggunakan kamera ponsel, usahakan untuk menghindari penggunaan teknik zooming dengan harapan agar hasil foto yang diperoleh tidak pecah. Jika Anda menginginkan tampilan foto yang lebih besar sebaiknya Anda mengambil foto dari jarak yang dekat. Dengan begitu, hasil foto produk yang diperoleh dapat terlihat dengan jelas dan berkualitas bagus.

Ambil foto minimal lebih dari 3 jepret

Jangan mudah puas dengan hasil jepretan menggunakan kamera ponsel. Ambilah foto produk minimal 3 jepretan agar Anda mempunyai banyak pilihan foto yang kemudian akan diunggah sebagai foto produk di toko online milik Anda.

Pertajam hasil jepretan dengan proses editing

Untuk memperoleh hasil foto produk yang terbaik dan lebih menjual, tidak ada salahnya jika Anda memolesnya sedikit dengan proses editing. Anda dapat mencobanya dengan mempertajam kondisi produk, menyesuaikan dengan komposisis warna sehingga gambarnya akan terlihat lebih menarik, memakai teknik rotate and crop untuk memperoleh tampilan yang terbaik, serta membubuhkan watermark digambar asli yang Anda hasilkan.

Semoga tips membuat foto produk untuk toko online yang kami angkat dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sebagai tips bisnis online. Selain itu juga dapat membantu para pemula yang ingin memulai bisnis online dalam membuat foto produk. Salam sukses!

sumber gambar : http://blog.snap36.com/Portals/29492/images/bike_set-resized-600.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar