Tips Memulai Bisnis Toko Online di Usia Muda

pengusaha mudaMemulai sebuah bisnis termasuk bisnis toko online memang dapat dilakukan kapan saja dan tidak dipengaruhi oleh faktor usia. Hal ini juga telah dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah pengusaha sukses di Indonesia yang saat ini hampir seluruhnya didominasi pengusaha muda.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh para pengusaha muda di Indonesia tersebut, ternyata juga turut memotivasi para anak muda untuk mulai terjun ke dunia bisnis terutama bisnis toko online. Melihat hal itu, tentu saja Anda juga tidak ingin ketinggalan bukan?

Setidaknya ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan oleh kalangan anak muda sebelum mereka memulai bisnis toko online.

  • Kemauan
  • Modal
  • Keahlian

Seseorang biasanya sering mengabaikan poin pertama yaitu kemauan, karena mereka menganggap bahwa sebuah bisnis itu dapat dimulai jika ada modal dan juga keahlian saja. Tidak hanya itu saja, bahkan ada sebagian orang yang menganggap bahwa kunci sukse dalam membuangun sebuah usaha adalah modal yang besar. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Pada umumnya sebuah kegagalan dalam memulai bisnis terletak pada ketidakpahaman para pemula bisnis tentang bidang usaha yang mereka jalankan. Sebab, kebanyakan dari mereka memilih usaha hanya sekedar mengikuti trend yang sedang ramai dipasaran. Tidak ada salahnya mengambil lngkah tersebut, namun Anda sebagai pemula bisnis juga harus mempertimbangkan resiko apa yang akan Anda peroleh. Jadi, Anda memulai bisnis tidak hanya sekedar ikut-ikutan atau karena sedang trend saja.

Agar kedepannya Anda sebagai pemula bisnis tidak salah langkah terutama untuk kalangan anak muda, maka berikut ini adalah tips memulai bisnis toko online di usia muda.

  1. Tentukan jenis usaha apa yang Anda minati dan bisa mendatangkan untung besar. Sebab, dengan menyukai usaha yang Anda geluti sebagai dasar sebelum memulai bisnis, nantinya tidak akan menyebabkan kebosanan dan juga kejenuhan.
  2. Tentukan bagian usaha yang ingin Anda pilih. Misalnya saja di bagian pemasaran atau bagian produksi. Namun, dianjurkan bagi pemula bisnis untuk memilih bagian pemasaran terlebih dahulu, karena selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dibandingkan dengan produksi, resiko yang akan ditanggung juga lebih kecil. Pemasaran juga bertujuan untuk membaca potensi pasar terhadap produk yang Anda pasarkan.
  3. Pilihlah produk yang lebih spesifik meskipun dengan potensi pasar yang terbatas. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena apabila Anda memilih produk yang sudah banyak dipasaran maka persaingan pasar pun akan lebih ketat, dan biasanya para pemula bisnis akan kalah dalam bersaing.
  4. Usahakan agar Anda memperoleh barang yang dipasarkan melalui toko online langsung dari produsen. Ini bertujuan agar modal dapat ditekan serendah mungkin, sehingga harga jual produk Anda bisa lebih murah dan terjangkau serta berani bersaing di pasaran.
  5. Mengubah pola piker Anda. Tanamkanlah dalam benak Anda bukan hanya seberasa besar keuntungan yang akan diperoleh untuk setiap produk yang dijual, tetapi berapa banyak produk yang dapat Anda jual.
  6. Jagalah loyalitas konsumen. Pastikan bahwa sekecil apapun transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen, tetaplah memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka. Bahkan jika ada keluhan sekecil apapun dari para konsumen, segeralah untuk menanggapinya dan jangan pernah mengabaikannya. Sebab, seorang konsumen yang loyal adalah konsumen yang lebih mempercayai penjual dibandingkan dengan barang yang dijual.
  7. Kejujuran adalah hal pokok yang berada diatas segalanya. Jujurlah kepada konsumen atas segala kekurangan dan kelebihan produk yang Anda jual.

Itulah beberapa informasi mengenai tips memulai bisnis toko online di usia muda , semoga bisa bermanfaat dan menjadikan Anda sebagai pengusaha muda yang sukses. Salam sukses!

sumber gambar : 
http://www.ubisnis.com/uploads/2014/04/Young-Entrepreneur-wowrack.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar