Tips Mendatangkan Penjualan Di Toko Online

tips toko onlineTrend belanja online di kalangan masyarakat luas saat ini semakin tinggi seiring dengan meningkatnya daya beli konsumen. Sekarang ini masyarakat sudah mulai terbiasa berbelanja via internet untuk memenuhi segala kebutuhannya sehari-hari, berbeda dengan sebelumnya dimana masyarakat merasa lebih nyaman berbelanja secara langsung di toko konvensional. Sehingga tidak perlu diherankan lagi jika belakangan ini pertumbuhan bisnis toko online di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Untuk membantu dan meringankan beban para pemula yang tertarik dengan bisnis toko online. Maka, pada kesempatan ini kami informasikan kepada para pembaca mengenai tips mendatangkan penjualan di toko online yang dapat Anda terapkan dengan cara yang mudah dan murah.

Berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai tips mendatangkan penjualan di toko online.

1. Lengkapi toko online dengan form yang simple dan jelas

Sekarang ini, trend belanja melalui internet di kalangan masyarakat Indonesia semakin hari memang kian menarik. Berbagai macam varian produk yang ditawarkan serta segala kemudahan yang diberikan pelaku bisnis kepada para konsumen menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mereka. Oleh sebab itu, untuk memancing konsumen agar mau melakukan transaksi pembelian maka alangkah baiknya jika Anda memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para konsumen.

Salah satu caranya yaitu dengan menyediakan form pembelian yang mudah untuk dipahami oleh calon pembeli dan juga simple. Biasanya calon konsumen kurang tertarik jika diminta untuk mengisi form yang berbelit-belit dan terlalu panjang. Untuk itu, sebaiknya Anda menghilangkan kolom yang dirasa kurang penting. Dengan begitu konsumen Anda tidak merasa terbebani untuk mengisi form pemesanan dan segera mungkin melakukan transaksi pembelian di toko online milik Anda.

2. Hindari proses registrasi konsumen

Sampai dengan sekarang ini banyak situs website yang meminta konsumennya untuk melakukan registrasi lebih dulu sebelum mereka melakukan transaksi di toko online. Padahal pada kenyataannya cara ini kurang disukai oleh para konsumen, karena proses yang sedemikan rupa itu dianggapnya rumit dan terlalu berbelit-belit. Untuk mensiasati masalah ini, sebaiknya Anda memberikan alternatif kepada para pelanggan untuk menyelesaikan transaksi pembelian terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda memberikan pilihan untuk kembali ke halaman utama atau melanjutkan registrasi berikutnya untuk mendaftar sebagai member di toko online yang Anda jalankan.

3. Memberikan gratis ongkos kirim untuk meyakinkan konsumen

Sebagian besar dari pelaku bisnis toko online, salah satu hal yang menjadi beban para konsumen sehingga mereka membatalkan minat untuk melakukan transaksi pembelian adalah ongkos kirim. Tidak diherankan lagi jika saat ini mereka mulai memberikan gratis biaya ongkos kiring kepada para pelanggan setianya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan setiap bulannya.

Berdasarkan hasil survei di lapangan, pemberian ongkos kirim secara gratis kepada konsumen adalah salah satu faktor pendorong yang cukup kuat untuk para konsumen agar mau melakukan transaksi pembelian. Maka, tidak ada salhnya jika Anda juga mencoba membebaskan biaya ongkos kirim bagi para pelanggan yang ada di Pulau Jawa, atau bisa juga dengan memberikan gratis ongkos kirim kepada para pelanggan di berbagai daerah dengan menentukan nilai minimal pembelian di atas nominal tertentu yang telah ditentukan.

4. Yakinkan konsumen bahwa Anda bisa dipercaya

Penipuan bisnis online adalah kasus yang sering di jumpai, maka konsumen saat ini lebih berhati-hati sebelum mereka melakukan transaksi pembelian di dunia maya. Jadilah toko online terpercaya agar konsumen tidak sungkan untuk melakukan transaksi pembelian di toko online milik Anda. Untuk itu penting bagi Anda meyakinkan calon konsumen agar mereka merasa aman saat berbelanja di toko online Anda. Misalnya saja dengan memberikan garansi 100% uang kembali jika dalam jangka waktu yang telah ditentukan barang yang mereka pesan belum sampai ke tujuan. Selain itu Anda juga bisa meyakinkan konsumen dengan mencantumkan testimoni-testimoni pelanggan sebelumnya di toko online Anda. Dengan begitu, calon konsumen akan lebih yakin bahwa bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis toko online terpercaya. Calon konsumenpun tidak akan ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian.

5. Menawarkan produk pendukung yang masih ada hubungannya dengan bisnis Anda

Strategi berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan menawarkan produk-prok pendukung yang masih ada hubungannya dengan bisnis toko online yang Anda jalankan. Misalnya saja jika Anda sedang mengembangkan yang khusus melayani jual beli handphone, maka Anda juga dapat menawarkan beberapa aksesoris tambahannya seperti dompet handphone, charger, casing, screen guard, hard case handphone, baterai handphone dan lain sebagainya.

Itulah tips untuk mendatangkan penjualan di toko online. Dengan menerapkan tips diatas semoga para pemula ataupun para pelaku usaha online di Indonesia dapat mendatangkan omset yang lebih besar lagi setiap bulannya serta usahanya di dunia maya dapat semakin sukses dan berkembang. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.wangluoyingxiaoshi.com/uploads/allimg/140110/1-14011010455G04.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar