Tips Mengelola Keuangan Bisnis Sampingan Toko Online

mengelola keuanganSetelah kita menukeni sebuah bisnis seperti bisnis sampingan toko online sering sekali larut dan kemudian lalai dengan masalah keuangan yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Banyak sekali kejadian dimana para pemula bisnis sampingan yang grafik bisnisnya menanjak dengan signifikan akan tetapi tidak memiliki tambahan modal dan masih sering sekali mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan membiayai usahanya. Setelah diteliti ternyata masalahnya ada pada sistem keuangan usaha yang tidak memiliki pembagian dengan baik antara keuangan pribadi dengan bisnis.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Keadaan seperti itulah yang akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis termasuk bisnis sampingan toko online agar mereka dapat mengatur keuangan usaha dengan baik serta mengontrol semua pemasukan ataupun pengeluaran usahanya. Untuk itu berikut ini kami informasikan mengenai tips mengelola keuangan bisnis sampingan toko online agar terhindar dari permasalahan keuangan yang rumit dan bisnis sampingan dapat di topang dengan mengelola keuangan yang baik dan sehat.

1. Mengatur perencanaan keuangan dengan baik

Bagi sebuah perusahaan atau pelaku bisnis yang mempunyai bisnis besar tentu saja sudah memiliki staf  keuangan yang bertugas mengatur dan mencatat pemasukan serta pengeluaran bisnis sehingga para pelaku bisnis dapat mengetahui berapa laba, rugi, kebutuhan dan anggaran belanja. Namun berbeda halnya untuk pemula bisnis yang masih kecil dan belum mempunyai perencanaan keuangan dengan baik seperti halnya bisnis sampingan toko online. Seringkali para pemula bisnis lalai terhadap perencanaan keuangan sehingga banyak dari mereka yang tidak mengetahui dengan persis keadaan keuangan bisnis sampingan mereka.

2. Pisahkan antara rekening pribadi dengan rekening usaha

Untuk berbagai macam keperluan bisnis sebaiknya para pelaku bisnis toko online mempunyai rekening yang berbeda antara rekening pribadi dan rekening untuk bisnis. Karena, jika rekening tidak dipisahkan maka penggunaan rekening yang tumpang tindih akan membuat para pelaku bisnis tidak mengetahui anggaran yang tepat dan pasti yang harus digunakan untuk bisnis dan berapa yang dikeluarkan untuk keperluan pribadi. Jangan sampai uang yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan bisnis banyak terpakai untuk kebutuhan pribadi.

3. Meluangkan sedikit waktu untuk mengatur dan memantau keuangan

Saat pelaku usaha sedang mengembangkan sebuah bisnis dan sibuk dengan kemajuan bisnis, para pemula bisnis biasanya hanya terfokus pada bisnis yang sedang mereka jalankan saja tanpa mencurahkan perhatiannya pada keuangan bisnisnya. Maka para pemula dan pelaku bisnis toko online harus memperhatikan keuangan bisnisnya agar kemajuan bisnis dapat sejalan dengan kemajuan keuangan walaupun bisnis yang dijalankan baru berkembang.

Semoga dapat bermanfaat bagi para pemula dan pelaku bisnis sampingan toko online. Salam sukses!

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-0haGuTjN4ZA/UwvP8BEr6nI/AAAAAAAAAwc/ihYf3sgsYh8/s1600/Prorrata.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar