Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Toko Online

toko online
toko online

Dari sekian banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan di dunia maya, toko online merupakan salah satu ladang usaha yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Berbagai macam barang seperti misalnya produk fashion, aksesoris, makanan dan minuman, obat herbal, sampai jual beli barang elektronik, kini bisa Anda jalankan dengan mudah melalui lapak toko online.

Kemajuan teknologi dan pesatnya ketersediaan jaringan internet ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis toko online. Berbekal situs website yang mereka buat, sekarang ini para pelaku bisnis toko online bisa mendatangkan omzet puluhan juta setiap bulannya.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Karenanya bagi para pemula yang ingin mengikuti kesuksesan para pelaku bisnis toko online, berikut kami informasikan beberapa tips meningkatkan omset penjualan toko online yang bisa Anda jalankan dengan cara yang cukup mudah.

1. Daftarkan toko online Anda di sosial media

Keberadaan situs social media ternyata cukup efektif untuk menggiring massa dan mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat luas. Buatlah akun dengan nama toko online Anda di berbagai situs sosial media seperti misalnya facebook, twitter, LinkedIn, Google Plus, dan lain sebagainya. Setelah itu Anda bisa meng-update link produk dari website Anda ke situs pertemanan tersebut, selain itu Anda juga bisa mengupload foto untuk menarik minat konsumen. Dengan begitu, produk Anda bisa dikenali banyak orang dan semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendatangkan pemasukan setiap bulannya.

2. Bergabunglah di web direktori online
Sekarang ini sudah banyak situs-situs online yang menawarkan program direktori bagi para pelaku bisnis online. Salah satunya saja seperti bisnisukm.com yang memberikan program direktori member gratis maupun berbayar bagi para pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk unggulannya dan perusahaan yang mereka miliki. Tentunya ini bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk meningkatkan traffic kunjungan website toko online Anda.

3. Optimalkan penggunaan SEO
Dalam menjalankan bisnis toko online, dukungan SEO menjadi salah satu faktor penentu untuk meningkatkan posisi website di halaman pertama mesin pencarian (Google). Karena itu, sebaiknya pilih keyword yang banyak dicari pengguna internet agar website Anda mudah ditemukan mesin pencarian. Misalnya saja dengan menggunakan kata kunci Toko Online, Butik Online, Baju Online, dan masih banyak lagi keyword menarik lainnya. Semakin banyak jumlah pencarian setiap harinya, maka semakin sering pula website toko online Anda dikunjungi calon konsumen.

4. Permudah transaksi pembelian dengan shopping cart

shopping cart
shopping cart

Untuk mempermudah konsumen Anda dalam berbelanja, sediakan shopping cart untuk memasukan item produk yang akan mereka beli. Pastikan semua produk yang dipilih bisa tercatat dengan baik dan prosesnya tidak mempersulit calon konsumen. Sebab, bila prosesnya tertalu rumit dan berbelit-belit biasanya hanya akan membuat konsumen mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko online Anda.

5. Cantumkan contact person Anda dengan lengkap
Salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan yaitu, meyakinkan konsumen untuk berbelanja di tempat Anda. Sampai hari ini masih banyak kasus penipuan yang terjadi melalui internet, karena itu tidak sedikit konsumen yang kurang percaya untuk bertransaksi secara online. Maka dari itu, yakinkan konsumen dengan mencantumkan data diri Anda secara lengkap serta contact person Anda yang bisa mereka hubungi. Misalnya saja seperti no telepon, alamat perusahaan, alamat email, pin BB, dan lain-lain.

Nah, setelah membahas beberapa tips bisnis toko online, kini saatnya Anda menerapkannya langsung dalam bidang usaha Anda. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis toko online. Selamat berkarya dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://uk.stripes.com/sites/uk.stripes.com/files/styles/news_node/public/online%20shopping%202_0.jpg
2. http://www.psdgraphics.com/uploads/2009/07/shopping-cart-icons.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar