Tips Menjalankan Toko Buku Online

menjalankan toko buku onlinePeluang bisnis online memang tidak akan pernah ada habisnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, bermacam-macam peluang bisnispun sekarang ini mulai bermunculan. Contohnya saja toko buku online, peluang bisnis satu ini belakangan ini mulai banyak diminati oleh para pencari usaha.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Peluang bisnis untuk toko buku online sangatlah cerah, sehingga tidak heran jika banyak para penggemar buku ataupun beberapa pemilik toko buku offline yang mencoba untuk terjun dalam bisnis ini. Menjual buku dengan media online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan toko buku offline dimana pengusaha dapat mendistribusikan produk bukunya sampai merata di berbagai penjuru nusantara. Sehingga jangkauan pasarnya akan lebih luas disbanding dengan toko buku offline. Selain itu, toko buku online juga dapat dijalankan atau dibuka selama 24 jam, berbeda dengan toko buku offline yang waktu operasionalnya sedikit lebih singkat.

Sekarang ini bisnis toko online jumlahnya semakin meningkat tajam. Anda bisa mencoba search melalui google, kurang lebih ada 200an toko buku online yang muncul dan memberikan penawaran produk yang beraneka ragam. Mulai dari inibuku.com, kutukutubuku.com, bukukita.com, bukabuku.com dan sejumlah toko buku besar seperti Grameia dan beberapa penerbit buku lain yang sekarang ini ikut meramaikan bisnis toko online.

Membuat toko online memang tidak begitu mudah, ada beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku bisnis. Kendala besar yang paling sering dihadapi adalah tingkat kepercayaan masyarakat atau konsumen yang masih sangat kurang terhadap keberadaan toko online. Sehingga belum semua orang yang tertarik untuk membeli buku melalui toko buku online. Untuk mengatasi kendala tersebut sehingga dapat menarik minat konsumen terhadap toko buku online, berikut ini kami berikan beberapa tips menjalankan toko buku online.

  1. Usahakan untuk menjalin kerjasama dengan penerbit buku yang cukup besar atau dengan toko buku yang ada di kota Anda, hal itu bertujuan untuk menjaga kelengkapan buku yang Anda tawarkan. Akan semakin lebih bagus lagi jika buku-buku yang Anda tawarkan adalah produk best seller yang paling banyak dicari orang dipasaran.
  2. Tawarkanlah harga yang bersaing dengan toko buku offline, dan jika perlu berikan juga diskon pada buku-buku yang Anda tawarkan untuk menarik minat konsumen.
  3. Usahakan dalam pemesanan produk Anda berikan kemudahan, baik kemudahan dalam memilih layanan yang ada di toko online milik Anda ataupun kemudahan dalam proses pembayaran (menggunakan paypal atau transaksi banking).
  4. Lengkapi juga buku yang Anda tawarkan dengan informasi harga, resensi atau review tentang buku tersebut dan juga gambar produk. Sehingga konsumen tidak akan salah dalam memilih buku, karena sebelumnya telah mengetahui informasi mengenai buku yang akan dibelinya.
  5. Bedakan buku-buku sesuai dengan kategorinya, misalnya dengan membuat kategori buku anak, buku biografi, buku fiksi, buku pelajaran dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam menemukan buku yang sedang mereka cari.
  6. Seterusnya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis online, Anda juga perlu untuk mencantumkan contact person dan alamat yang secara langsung dapat dihubungi oleh konsumen. Jika perlu, sediakan juga layanan chat online melalui YM, tujuannya agar konsumen dapat berkomunikasi secara langsung ketika akan menanyakan sebuah buku.

Walaupun pada akhirnya tingkat pembelian produk tergantung pada minat konsumen dan dayabeli konsumen, namun setidaknya dengan adanya tips menjalankan toko buku online diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan toko buku online serta dapat menambah minat masyarakat untuk membaca, karena semakin mudahnya akses untuk memperoleh buku. Semoga bermanfaat, semalmat mencoba dan salam sukses.

sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-Rb5NBwFL3bY/T2DgKXRt0jI/AAAAAAAAEXU/sfJen2cD6i8/s1600/DigitalBritannica-book.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar