Tips Sukses Memilih Marketplace Untuk Pelaku Toko Online

marketplace untuk toko onlineBerjualan di situs jual beli online atau marketplace dapat dikatakan lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat website toko online sendiri dengan menggunakan domain sendiri. Dengan marketplace, para pelaku bisnis toko online cukup mengisikan informasi mengenai produk yang mereka jual serta profil perusahaan yang toko online miliki. Selanjutnya, bisnis toko online dan produk yang ditawarkan akan tampil di situs jual beli atau marketplace.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Semakin banyaknya marketplace yang mulai bermunculan di Indonesia seperti salah satu contohnya adalah bisnisukm.com, tentu saja memberikan suatu kemudahan tersendiri bagi para pemula dan pelaku bisnis toko online untuk mempromosikan toko online yang mereka jalankan dengan cara yang terbilang murah dan juga mudah.

Bahkan sebagian besar dari marketplace yang ada di Indonesia belakangan ini tidak membebankan biaya promosi pagi para pemula maupun pelaku bisnis yang ingin membuat toko online di situs jual beli tersebut. Akan tetapi, untuk mendapatkan fitur tambahan yang lebih baik lagi seperti upload video, pasang foto, artikel review dan bermacam-macam fasilitas lainnya, mereka biasanya memberikan penawaran paket premium atau layanan berbayar untuk pelaku bisnis toko online.

Agar Anda para pemula dan pelaku bisnis toko online tidak salah dalam memilih marketplace untuk membuka bisnis toko online, maka berikut ini kami informasikan mengenai beberapa tips sukses memilih marketplace untuk pelaku toko online yang penting untuk diperhatikan dengan seksama.

1. Pahami latar belakang marketplace terlebih dahulu

Sebelum Anda membuat toko online di marketplace, sebaiknya Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana latar belakang dari marketplace tersebut. Kemudian, pelajari juga mengenai bagaimana sistem transaksi yang berlaku di dalam marketplace, sisstem manajemen yang diterapkan, respon customer service saat terjadi kendala antara penjual dan pembeli dalam sebuah transaksi, dan apakah situs tersebut sudah dapat diakses melalui handphone atau belum. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan, supaya kedepannya tidak muncul beberapa resiko yang dapat merugikan toko online milik Anda.

2. Pelajari fitur yang ditawarkan

Setiap marketplace pasti menawarkan fitur yang berbeda-beda. Walaupun begitu, fitur yang ditawarkan oleh marketplace sangat membantu para pembeli ataupun penjual saat mereka akan melakukan transaksi jual beli. Terlebih lagi, saat ini ada beberapa situs jual beli online yang mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk membedakan antara penjual “baik” dengan penjual “nakal”. Fitur tersebut juga dapat digunakan sebagai salah satu cara membuat toko online yang dapat memudahkan para penjual atau pelaku bisnis toko online dalam berjualan di dunia maya.

3. Mengamati untuk prospek marketplace di masa-masa yang akan datang

Disamping penting bagi Anda untuk mempelajari fitur-fitur yang ada, penting juga untuk mengamati bagaimana prospek bisnis dengan menggunakan marketplace tersebut. Lakukan survey meskipun hanya kecil-kecilan untuk mengamati apakah marketplace ini diminati oleh pelaku bisnis toko online lain atau tidak, amati juga seberapa besar kemungkinan markrtplace tersebut akan terancam bangkrut karena merugi di kemudian hari. Langkah-langkah ini perlu Anda ambil supaya kedepannya toko online milik Anda dapat tetap eksis tanpa ada masalah dari pihak marketplace.

4. Amati toko online Anda sampai ada transaksi

Walaupun Anda telah membuat toko di situs marketplace, akan tetapi sebagai pelaku bisnis atau penjual ada baiknya jika Anda sabar menanti respon dari calon konsumen atau pembeli. Sebab, konsumen tidak akan langsung datang begitu Anda terdaftar sebagai salah satu penjual di situs jual beli online. Jangan terburu-buru untuk menonaktifkan akun toko online milik Anda hanya karena dalam jangka waktu satu atau dua minggu belum ada pembeli.

5. Jeli dalam memutuskan kapan harus pindah ke marketplace yang lain

Jika belum ada transaksi jual beli yang masuk ke toko online Anda selama kurang lebih satu hingga dua bulan setelah Anda tergabung dalam situs jual beli online, angka penjualan relatif buruk dan banyak terjadi kendala yang dialami saat berjualan. Maka ada baiknya jika kemudian Anda memutuskan untuk berpaling ke situs marketplace yang lain dan meninggalkan situs jual beli online yang selama ini Anda pilih. Sebab, hanya akan membuang-buang waktu tanpa ada transaksi penjualan saja jika Anda berjualan di situs jual beli online yang memiliki reputasi tidak baik dari prospek maupun segi teknis.

Semoga tips sukses memilih marketplace yang telah kita bahas bersama dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca dan dapat membantu para pemula maupun pelaku toko online yang tertarik untuk membuka bisnis toko online. Salam sukses!

sumber gambar : http://api.dailysocial.net/uploads/2013/09/shutterstock_96463787.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar