Toko Online, Primadona Untuk Bisnis Rumahan

toko online primadona bisnis rumahanJualan secara online atau biasa disebut juga dengan toko online, sekarang ini sudah mulai menjamur di kalangan masyarakat seluruh Indonesia. Tren berjualan melalui toko online ini diperkirakan akan terus meningkat dan berkembang pesat di tahun 2014-2015 oleh para pakar bisnis dan ekonomi dengan memperhitungkan dan mengamati faktor pertumbuhan ekonomi.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Toko online merupakan primadona, unggulan atau bisnis yang sangat digandrungi oleh para pelaku usaha sebagai bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Hampir setiap produk, barang atau jasa sekarang ini bisa ditemukan di toko online. Keunggulan toko online juga bisa dilihat dari banyaknya training atau seminar yang mengajarkan bagaimana caranya menjalankan bisnis toko online sebagai bisnis rumahan.

Komponen penting menjalankan bisnis toko online sebagai bisnis rumahan tidak jauh berbeda dengan bisnis rumahan pada umumnya. Membuka toko online juga harus memperhatikan beberapa faktor penting seperti, produk atau barang yang akan dijual, harga, promosi dan tempat untuk berjualan.

1. Faktor produk yang akan dijual di toko online

Pastikan barang yang akan Anda jual melalui toko online bukanlah barang murahan. Namun, bukan berarti Anda harus menjual barang dengan kualitas super, tapi juga jangan menjual barang dengan kondisi yang cacat atau cepat rusak. Kualitas barang sangat erat kaitannya dengan harga. Jadi, pastikan Anda mempunyai barang yang kualitas dan harga jualnya sepadan.

Faktor produk atau barang yang lain adalah masalah stok. Mengenai masalah ketersediaan barang tidak gampang untuk ditangani, jadi hal ini sangat berkaitan dengan supplier barang serta distributor barang dari pabrik ke toko online Anda. Namun jika Anda memproduksi sendiri barang yang Anda jual, maka hal ini bukan menjadi masalah. Tetapi yang menjadi masalah adalah bahan baku untuk membuat produk Anda.

2. Faktor harga produk di toko online

Meskipun toko online merupakan bisnis rumahan, namun bukan berarti pikiran Anda ada di rumah pada saat berbisnis. Anda harus mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui harga pasaran dari produk yang Anda jual, sehingga Anda akan tahu kira-kira harga yang Anda tetapkan untuk produk di toko online Anda termasuk mahal atau murah. Janganlah terjebak dengan perilaku yang menjatuhkan harga di bawah kompetitor. Tujuan Anda menjalankan toko online sebagai bisnis rumahan adalah untuk mencari untung, bukan mencari buntung atau jalan sesat.

3. Promosi toko online

Anda harus selalu ingat bahwasannya tidak ada jaminan untuk toko online atau bisnis rumahan Anda akan ramai terus sepanjang tahun. Dalam kurun waktu 1 tahun dapat dipastikan bahwa toko online Anda akan lancar dan ramai selama 9 bulan, dan untuk 3 bulannya sangat mungkin sekali bahwa toko online yang Anda jalankan akan merugi atau sepi. Siapkan strategi promosi untuk menarik para pelanggan sehingga dapat memperkecil tingkat kerugian atau bahkan tidak akan mengalami kerugian.

4. Pengganti tempat untuk bisnis rumahan

Bisnis rumahan toko online tidak mempunyai faktor tempat karena menjalankan bisnis toko online menggunakan media internet. Untuk itu, dalam dunia bisnis online menurut para pakar digantikan dengan distributor atau bisa juga digantikan dengan SEO dan sosial media. Sebagai pelaku bisnis rumahan toko online, Anda harus bisa mengetahui kira-kira konsumen toko online Anda eksis di sosial media mana, apakah Twitter, Facebook, di keduanya atau justru di sosial media lainnya. Bagian inilah yang sangat menentukan apakah marketing Anda dapat berjalan dengan baik atau tidak. Jika marketing toko online Anda tidak dapat berjalan dengan baik, maka toko online Anda secara perlahan akan bangkrut karena tidak ada pembelinya.

Memang tidak salah lagi jika toko online, primadona untuk bisnis rumahan. Selain dapat dijalankan dengan modal kecil, bisnis rumahan toko online ini juga dapat dijangkau hingga ke seluruh pelosok negeri. Tunggu apa lagi, mulailah dari sekarang untuk membuat toko online sebagai bisnis rumahan Anda. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.ekofinans.com/application/static/data/611x395_611_4fbc9383cc40c.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar