Trend Pemasaran Toko Online Di Sosial Media

pemasaran toko onlineSosial media adalah situs online yang paling efektif untuk melakukan pemasaran dan menjadi senjata ampuh bagi semua pemilik bisnis toko online. Dengan sosial media, pelaku bisnis dapat memperkenalkan produk atau jasa yang mereka tawarkan tanpa harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk melakukan promosi.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Pada awal mulanya, sosial media diciptakan sebagai media atau sarana untuk berinteraksi dengan saudara dan teman melalui dunia maya. Akan tetapi, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, bukan sesuatu yang baru lagi jika sosial media dimanfaatkan para pelaku bisnis toko online untuk membuka lapak dagang mereka.

Berikut ini adalah trend pemasaran toko online di sosial media yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis toko online agar mereka tidak kalah bersaing dengan toko online lainnya. Selain itu juga memberikan pengaruh yang besar bagi pemasaran toko online.

1. Membuat Google+

Dengan melihat Google sebagai mesin raksasa untuk pencarian online, sepertinya menjadi tidak heran lagi jika sosial media yang diciptakannya juga memberikan efek yang luar biasa bagi perkembangan bisnis toko online. Melalui Google+ Anda dapat menginformasikan tentang keberadaan toko online milik Anda, mengupload foto produk atau jasa yang toko online Anda tawarkan dan mengumpulkan calon konsumen sebanyak-banyaknya yang tertarik dengan bisnis toko online Anda. Selain itu, Google+ juga dapat memudahkan toko online Anda terindeks oleh mesin pencarian Google.

2. Membuat Facebook

Facebook dan Twitter adalah sosial media yang masih menduduki peringkat pertama di Indonesia. Walaupun di US sendiri facebook sudah mengalami penurunan, namun di Indonesia jumlah pengguna Facebook semakin hari justru mengalami peningkatan sehingga Anda dapat membuat fanpage FB untuk menarik calon konsumen di dunia maya.

3. Membuat Twitter

Meskipun pertumbuhan akan Twitter tidak sepesat dengan pertumbuhan Facebook, akan tetapi sosial media yang satu ini dapat memberikan keuntungan yang cukup untuk pemasaran bisnis toko online. Pemilik bisnis toko online dapat membangun loyalitas konsumen melalui platform dan mengumpulkan follower twitter sebanyak mungkin untuk memperoleh kepercayaan dari para konsumen.

4. Situs berbagi foto

Selain dengan menggunakan konten tulisan, saat ini trend pemasaran di sosial media yang efektif untuk mendongkrak penjualan online adalah menggunakan konten visual seperti media foto. Situs berbagai foto seperti Pinterest, Path, Instagram dan lain sebagainya belakangan ini juga mulai banyak dipakai oleh kalangan masyarakat luas seiring dengan perkembangan gadget yang makin berkembang pesat setiap harinya.

5. Konten video

Strategi pemasaran dengan menggunakan video saat ini menjadi alternatif yang tepat untuk mendatangkan penjualan yang cukup besar di dunia maya. Semakin banyaknya perangkat ponsel pintar yang mulai beredar di kalangan masyarakat luas, maka semakin kreatif juga para konsumen untuk melakukan pencarian produk. Tanpa terkecuali dengan menggunakan konten video yang banyak dishare ke berbagai media seperti YouTube, Vine, Vimeo dan lain sebagainya.

6. Membuat MySpace

Pada tahun 2014 ini, suka ataupun tidak MySpace akan berkembang dengan cukup pesat. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan upaya branding produk dengan cara membuat akun pada situs MySpace. Melalui MySpace, Anda dimungkinkan untuk terhubung dengan pengguna MySpace lainnya, mendengarkan stasiun radio personal dan menerima pesan pribadi.

7. Membuat LinkedIn

Tahun ini LinkedIn diprediksikan akan menjadi pemain besar untuk pemasaran B2B (Business to Business) seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet. Melihat LinkedIn yang sekarang ini berdiri stabil sebagai situs jejaring sosial, maka tidak pelu heran lagi jika kini LinkedIn memposisikan dirinya sebagai tempat berkumpulnya para pelaku bisnis dan sumber terbesar bagi professional.

Semoga informasi tersebut diatas dapat bermanfaat bagi para pelaku bisnis toko online dan salam sukses!

sumber gambar : http://www.freshtechweb.com/uploads/2013/12/social-media.jpg

 [/kelas]

Tinggalkan komentar