Jualan di Toko Online Apakah Harus Dengan Harga Mahal?

harga di toko onlineSemakin marak dan berkembangnya bisnis online terutama toko online, membuat Anda para pelaku bisnis harus pintar menentukan harga jual barang atau produk Anda. Mungkin tidak menjadi masalah bagi Anda pelaku bisnis toko online yang sudah berpengalaman. Namun bagi Anda pelaku bisnis toko online baru tentu menentukan harga jual menjadi sebuah hal yang sulit. Apalagi saat ini konsumen atau pembeli lebih pintar dalam menentukan keputusan membeli suatu produk atau barang. Dan biasanya pembeli cenderung mencari barang dengan harga yang miring atau murah.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Dalam menentukan harga suatu produk atau barang, ada beberap strategi yang dapat Anda lakukan. Anda juga harus memahami bahwa setiap produk memiliki margin keuntungan yang berbeda-beda. Jika bisnis toko online Anda adalah toko baju online, maka margin keuntungan dari penualan barang akan berbeda dengan margin keuntungan dari sebuah toko online komputer, toko online buku, dan toko online lainnya.

Anda dapat menentukan harga jual produk atau barang dengan menggunakan beberapa strategi, salah satunya dengan menentukan harga jual berdasarkan kompetisi. Menentukan harga jual berdasarkan kompetisi sangat tepat untuk Anda para pelaku bisnis baru. Anda dapat melakukan pengecekan terhadap harga yang dihunakan oleh kompetitor sebelum memutuskan penetapan harga produk Anda. Dan biasanya harga jual yang dipatok jauh lebih murah dengan keuntungan yang relatif sedikit. Namun dengan menentukan harga jual berdasarkan kompetisi ini dapat mempermudah Anda untuk memperluas market share dan mempermudah masuk ke dalam persaingan pasar.

Selain itu Cost of goods sold (COGS) juga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk atau barang di toko online Anda. Cost of goods sold merupakan keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan ketika menjual sebuah produk, yaitu meliputi :

Biaya operasional toko online

Satu, Biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk kepentingan pengembangan bisnis. Seperti, biaya pemeliharaan website, biaya hosting, dan juga biaya promosi.

Dua, Biaya pembelian produk, pengiriman barang atau produk dari supplier, serta biaya pemeliharaan barang atau produk.

Tiga, Biaya pengiriman barang kepada konsumen, menggunakan jasa pengiriman seperti TIKI, JNE, POS, FedEx atau jasa pengiriman lainnya, atau menggunakan kurir sendiri. Jika menggunakan kurir sendiri maka Anda harus memperhatikan gaji dan biaya transportasi.

toko onlineApapun strategi yang Anda gunakan untuk menentukan harga jual barang atau produk sebaiknya selalu mengukur hasil penjualan. Karena bukan hanya berkaitan dengan strategi penentuan harga yang baru dijalankan, namun juga berkaitan dengan strategi marketing Anda. Mengamati situasi pasar juga harus Anda lakukan setiap saat. Sehingga Anda dapat melihat musim dari setiap barang atau produk yang sedang berkembang.

Tidak menutup kemungkinan, jika sebuah barang atau produk tersebut sedang marak di pasaran, banyak dicari konsumen, permintaan meningkat namun barang tersebut langka (supply sedikit), Anda dapat menjadikan kesempatan tersebut untuk menaikan harga yang lebih tinggi. Atau ketika Anda memiliki produk atau barang baru yang masih langka di pasaran dan memiliki kualitas yang baik, maka dapat juga Anda mematok harga jauh lebih mahal dari biasanya.

Nah, sekarang sudah terjawab bahwa berjualan di toko online tidak harus terpatok dengan harga yang mahal. Intinya adalah memiliki variasi harga yang sesuai dengan perkembangan barang di pasar, ketersediaan barang, besar kecilnya permintaan konsumen dan juga kualitas dari barang yang Anda jual. Untuk itu Anda harus terus kreatif, dan jangan lelah untuk terus belajar mengikuti pergerakan dan perkembangan pasar. Semoga memberikan manfaat dan pengetahuan bagi Anda. Selamat berbisnsi dan salam sukses!

 Sumber gambar :
 1. http://i.huffpost.com/gen/931061/thumbs/r-TARGET-ONLINE-PRICE-MATCH-large570.jpg?7
 2. http://www.greatmalesurvey.com/uploads/2012/02/DP251.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar