Keuntungan Membuka Bisnis Toko Online

Tak bisa kita pungkiri bila meningkatnya pertumbuhan UKM serta tingginya resiko persaingan pasar, kini turut mendorong para pengusaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memenangkan persaingan. Jika selama ini para pelaku usaha hanya menjalankan bisnisnya secara konvensional, belakangan ini mereka mulai memperluas jangkauan pasarnya dengan mengoptimalkan peran internet.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Mudahnya akses jaringan internet di penjuru nusantara, menjadi salah satu faktor yang mengubah gaya hidup masyarakat di Indonesia. Bila dulunya masyarakat terbiasa belanja di toko-toko konvensional, sekarang ini mereka mulai tertarik melakukan transaksi pembelian via online untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya. Peluang inilah yang bisa Anda bidik untuk membuka bisnis toko online yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Nah, bagi Anda para pemula yang ingin mencoba peruntungannya di bisnis online. Berikut ini kami informasikan beberapa keuntungan membuka bisnis toko online yang tak bisa kita temui ketika menjalankan bisnis konvensional (toko offline).

Pertama, tak hanya membidik pasar lokal tetapi juga menjangkau pasar internasional. Bila para pelaku bisnis konvensional hanya bisa memasarkan produknya di sekitar lokasi usaha mereka, maka lain halnya dengan para pemilik toko online yang bisa mempromosikan produknya hingga ke pasar mancanegara. Dengan bantuan internet yang bisa diakses di berbagai belahan dunia, maka para pemilik toko online dapat memasarkan produknya hingga ke berbagai pelosok daerah. Kemudahan inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mendatangkan penjualan sebanyak-banyaknya.

Kedua, tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Untuk bisa membuka bisnis toko online Anda tidak memerlukan modal usaha yang terbilang besar. Bahkan, banyak pelaku bisnis yang berhasil menjalankan toko onlinenya dengan memanfaatkan situs-situs gratisan (seperti misalnya blog atau website gratisan, serta beberapa sosial media yang bisa dimanfaatkan sebagai lapak dagang). Karenanya dalam menjalankan bisnis ini, yang terpenting Anda memiliki pengetahuan dan skill khusus dibidang internet marketing serta memperluas jaringan bisnis untuk melengkapi varian produk yang Anda pasarkan.

Ketiga, operasional usaha yang terbilang mudah. Tidak seperti toko offline yang membutuhkan beberapa karyawan untuk melayani permintaan setiap konsumen. Toko online bisa dihandel satu orang pengelola untuk melayani permintaan para konsumennya. Sebab pemesanan produk dapat dilakukan melalui email, sms, telepon, atau chat online, sedangkan untuk transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui transver via bank ataupun menggunakan paypal.

Keempat, peluang pasarnya masih sangat besar. Jika sekarang ini persaingan toko offline sudah cukup pesat, maka di bisnis toko online peluang pasarnya masih sangat terbuka lebar. Dengan penetrasi pasar yang cukup luas Anda dapat menambahkan beberapa variasi produk baru untuk menarik minat calon konsumen. Melihat perkembangan infonet yang semakin hari penggunanya terus meningkat, tidak heran bila kedepannya peluang bisnis toko online juga diprediksikan semakin melesat hebat.

Kelima, promosi gratis selama 24 jam non-stop. Untuk mempromosikan peluang bisnis di internet, Anda tidak perlu repot-repot membuat brosur atau neon box dengan biaya yang terbilang mahal. Anda hanya perlu memasang iklan baris maupun iklan baner baik yang gratisan maupun berbayar, aktif di sosial media maupun forum online, dan semuanya dapat diakses oleh konsumen selama 24 jam non-stop setiap harinya.

Melihat keuntungan yang ditawarkan cukup besar, tidak ada salahnya bila kedepannya kita mulai berinovasi dari bisnis konvensional menjadi bisnis toko online. Semoga informasi bisnis toko online yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk segera terjun di bisnis digital. Selamat mencoba dan salam sukses.

[/kelas]

Tinggalkan komentar