Tips Sukses Membangun Kepercayaan Konsumen di Toko Online

kepercayaan konsumenKepercayaan konsumen adalah modal utama dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis toko online. Jika pelaku bisnis tidak memiliki kepercayaan dari para konsumennya, maka akan sulit bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan pelanggan dan konsumen pun akan ragu untuk melakukan transaksi pembelian.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

Banyaknya kasus penipuan online yang sering terjadi  belakangan ini, secara tidak langsung juga ikut mempengaruhi kepercayaan konsumen di toko online. Sehingga wajar jika kepercayaan konsumen di toko online mulai pudar dan para konsumen menjadi lebih teliti lagi sebelum berbelanja melalui internet atau dunia maya.

Agar toko online Anda memiliki kepercayaan dari para pengunjung website toko online yang Anda jalankan, berikut ini adalah tips sukses membangun kepercayaan konsumen di toko online.

1. Domain

Penggunaan nama domain dalam website toko online sangat mempengaruhi pengunjung toko online. Mengapa demikian? Karena, nama domain dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap pemilik bisnis toko online. Jika Anda sebagai pelaku bisnis ingin fokus dalam menjalankan bisnis toko online, pastikan Anda tidak menggunakan domain gratis seperti blog. Tapi, gunakanlah domain berbayar seperti web.id, .com, .co.id dan lain sebagainya.

2. Produk Update

Sebagai pemilik sekaligus pelaku bisnis toko online Anda harus rajin mengupdate produk yang dijual melalui toko online. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keyakinan pengunjung toko online supaya tidak ragu untuk membeli produk yang Anda jual. Setiap jenis produk yang Anda pajang di dalam website toko online pasti akan menampilkan tanggal upload barang tersebut.

3. Contact Person

Setiap toko online wajib untuk memiliki contact person. Konsumen biasanya akan menghubungi Anda jika mereka ingin menanyakan suatu kejelasan dan kepastian dari suatu produk yang dijual,  menanyakan harga, ongkos kirim serta pengiriman apa yang digunakan. Pastikan bahwa contact person yang Anda gunakan adalah kontak yang benar, jika toko online Anda mencantumkan kontak yang tidak benar, maka dapat dipastikan bahwa konsumen tidak akan melakukan transaksi di toko online milik Anda.

4. Sosial Media Connection

Integrasikan toko online milik Anda dengan semua sosial media yang ada sehingga calon konsumen yang mengunjungi website toko online Anda dapat menghubungi Anda melalui sosial media selain menggunakan contact person. Konsumen juga dapat melihat history atau aktivitas dari sosial media yang Anda punya. Keaktifan Anda selaku pemilik bisnis toko online di sosial media akan mempengarungi tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis toko online Anda. Oleh sebab itu, updatelah sosial media Anda setiap hari sehingga konsumen akan mempunyai keyakinan yang kuat bahwa toko online Anda benar-benar toko online terpercaya.

5. Percakapan

Percakapan sangat penting dilakukan oleh pemilik toko online, karena penggunaan testimonial belum tentu bisa meyakinkan seseorang untuk melakukan transaksi pembelian, hal ini disebabkan karena banyak pemilik bisnis toko online yang menggunakan testimonial palsu. Percakapan bisa dilakukan dengan cara membalas komentar yang ada di toko online atau sosial media yang Anda miliki. Dengan percakapan yang aktif, maka akan membuat konsumen tidak ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian karena mereka yakin bahwa toko online Anda adalah toko online terpercaya.

Bagi Anda para pelaku bisnis toko online maupun offline, jadilah pelaku bisnis yang jujur. Jangan sekali-kali Anda melakukan penipuan karena dapat mempengaruhi bisnis toko online Anda. Jagalah kepercayaan yang diberikan para konsumen terhadap toko online Anda, karena sekali Anda berbohong maka akan sangat sulit mengembalikan kepercayaan dari para konsumen. Salam sukses!

sumber gambar : http://netpreneur.co.id/uploads/2014/03/trust.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar