Toko Online dan Offline, Berbeda??

perbedaan toko online dan offlinePada dasarnya toko online sama dengan toko offline atau toko konvensional. Karena keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menjual produk atau barang kepada konsumen. Namun keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup banyak, dan masing-masing memberikan keuntungan atau manfaat tersendiri. Berikut ini adalah beberapa fakta yang menunjukan toko online dan toko offline berbeda.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

No.

Faktor Pembeda

Toko Online

Toko Offline

1. Kemudahan mendirikan Cara membuat toko online sangatlah mudah, hanya dalam hitungan menit. Relatif sulit dibuat, harus memerlukan waktu berblan-bulan.
2. Modal Modal kecil. Hanya membutuhkan biaya untuk domain dan hosting. Bahkan banyak tersedia blog gratis. Dan tidak perlu membangun atau menyewa tempat usaha. Modal besar. Harus membangun atau menyewa tempat.
3. Bentuk toko Berupa website toko online atau blog. Bangunan atau ruko.
4. Jam dan Hari buka Toko Buka 24 jam nonstop perhari. Bahkan hari liburpun dapat tetap buka. Buka 8-10 jam perhari. Hari libur tutup.
5. Pengunjung atau segmen pasar Dapat dikunjungi setiap orang bahkan dari seluruh dunia. Dan tidak terbatas jumlahnya. Pengunjung terbatas sesuai keberadaan toko, dan jumlahnya terbatas.
6. Karyawan Tidak perlu banyak karyawan, bahkan bisa dikerjakan secara mandiri. Membutuhkan banyak karyawan.
7. Stock ketersediaan barang Barang yang dijual berupa foto, dan dapat dijalankan dengan model preorder dari supplier. Tidak terbatas pada jumlah tertentu. Sehingga tidak memerlukan gudang. Barang harus ada di toko. Jumlah barang juga terbatas. Dan harus mempunyai stock barang di gudang.
8. Biaya Promosi Biaya murah dan hemat. Dapat dilakukan dengan media sosial, di situs iklan gratis dan promosi di situs social bookmark. Biaya relatif mahal. Misalnya harus membuat brosur, banner, spanduk atau memasang iklan di surat kabar.
9. Biaya operasional Biaya relatif kecil Biaya operasional besar
10. Penjagaan Toko Dapat dijaga 1-2 jam perhari. Bisa dapat uang sambil tidur. Harus dijaga atau ditunggu selama toko buka. Jika Anda tidur, pelanggan kabur.
11. Keuntungan Tidak terbatas dari modal Terbatas dari modal yang digunakan.

Dari tabel di atas, maka dapat kita ketahui perbedaan yang cukup banyak antara toko online dengan toko offline. Dari perbedaan tersebut, tentu masih memiliki keuntungan atau kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga memberikan informasi, pengetahuan serta manfaat bagi Anda. Selamat berbisnis. Salam sukses!

 Sumber gambar : http://blog.holamiami.com/uploads/2012/07/Online-Shopping-VS-Offline-Shopping2-e1341953147815.png

[/kelas]

Tinggalkan komentar