Prinsip Sederhana Dalam Mengatur Keuangan Toko Online

mengatur keuangan toko onlinePersoalan mengenai keuangan seringkali menjadi sebuah masalah besar bagi para pelaku bisnis toko online terutama bagi mereka para pelaku bisnis modal kecil. Menjalankan sebuah bisnis tidak hanya untuk mendapatkan uang saja, namun juga untuk mengendalikan bisnis serta membelanjakannya. Banyak para pelaku bisnis yang omset yang mereka dapatkan cukup besar, namun keuntungan yang didapat tetap saja tidak tersisa di dalam kas usaha. Hal ini disebabkan karena para pelaku bisnis toko online belum bisa mengatur keuangan toko online dengan baik. Berikut ini adalah prinsip sederhana dalam mengatur keuangan toko online.

[kelas id=”607″ type=”premium”]

1. Memahami tujuan bisnis Anda

Buatlah tujuan dalam jangka pendek serta jangka panjang untuk bisnis Anda. Setelah itu, usahakan agar pemasukan yang Anda dapat dalam menjalankan bisnis toko online digunakan untuk mencapai tujuan jangka pendek bisnis Anda. Untuk rencana jangka panjang contohnya adalah menentukan besarnya pendapatan kotor setiap tahunnya dan untuk rencana jangka pendek contohnya adalah meningkatkan jumlah followers di akun Twitter bisnis toko online Anda.

Dengan menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang maka hal ini dapat membentu Anda dalam memfokuskan anggaran dalam waktu tertentu. Artinya, dana yang Anda peroleh dapat dialokasikan secara berkala untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Jika satu tujuan sudah tercapai, langkah selanjutnya Anda dapat mengalokasikan pemasukan untuk tujuan selanjutnya.

2. Memahami kekuatan modal bisnis toko online Anda

Bagi Anda para pemula bisnis yang akan atau baru memulai bisnis toko online, penting bagi Anda untuk memahami seberapa besar kekuatan modal yang Anda miliki. Yang harus diingat oleh para pemula bisnis toko online adalah bisnis yang dimulai dengan modal kecil mempunyai resiko yang tinggi sehingga hal ini dapat mempengaruhi kondisi keuangan bisnis Anda.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh atau tidak bisa membuat toko online dengan modal kecil. Jika Anda merintis bisnis toko online dengan modal kecil maka Anda harus fokus mengumpulkan jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya. Dengan jumlah pelanggan yang banyak maka dapat meningkatkan jumlah permintaan produk. Dengan begitu kondisi keuangan bisnis toko online Anda yang dimulai dengan modal kecil akan tetap stabil dengan banyaknya permintaan produk.

3. Menerapkan efisiensi dalam menjalankan bisnis

Mengetahui dengan benar apa yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis toko online untuk mencapai sebuah tujuan tertentu salah satunya adalah dengan berbisnis secara efisien. Hindari penggunaan uang untuk sesuatu yang kurang penting, misalnya merekrut pegawai di awal berdirinya toko online. Pelaku bisnis harus bisa mengatur prioritas. Penuhi kebutuhan yang penting dan mendesak, misalnya membeli produk dari produsen untuk mengisi stok barang.

3 prinsip sederhana dalam mengatur keuangan toko online tersebut semoga dapat memberikan manfaat besar bagi para pelaku bisnis toko online terutama bagi mereka yang membuat toko online dengan modal kecil. Salam sukses!

sumber gambar : http://www.revidor.ch/images/comptabilite.jpg

[/kelas]

Tinggalkan komentar